Job Fair Jombang, Ribuan Lowongan Kerja Diserbu Pencari Kerja

Pembukaan job fair di Gor Jombang

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM: Pemerintah Kabupaten Jombang semakin serius dalam mengurangi angka pengangguran di kota santri ini. Melalui program Jombang Kerja, pihak Pemkab Jombang berharap bisa maksimal dalam mengurangi pengangguran.

Kegiatan Job Fair yang diselenggarakan oleh Dinas Ketenagakerjaan ini berlangsung selama dua hari tanggal 29 dan 30 Agustus. “Job Fair ini kita gelar mulai tanggal 29 hingga 30 Agustus,” ungkap Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Jombang, Drs Purwanto, pada sejumlah jurnalis, Rabu (29/8/2018).

Selain itu, Purwanto juga mengungkapkan bahwa pada kesempatan Job Fair 2018 ini, membuka lowongan kerja hingga mencapai puluhan 2 ribu tenaga kerja baru. “Pada kegiatan bursa kerja kali ini, telah dibuka lowongan kerja sekitar dua ribu lowongan kerja,” tegasnya.

Acara penjaringan tenaga kerja yang digelar di Gedung Olah Raga (GOR) Merdeka Jombang Jl Gus Dur ini, menghadirkan puluhan perusahaan yang tersebar di Kabupaten Jombang. Mulai dari perusahaan bidang perbankan hingga perusahan dalam bidang industri.

Sementara itu Pelaksana tugas (Plt) Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab, berharap agar perusahan-perusahaan tersebut bisa menampung ratusan tenaga kerja baru di Kabupaten Jombang ini. “Saya tadi tanya ke salah satu perusahaan, katanya bisa menampung 100 hingga 200 tenaga kerja di perusahaannya. Saya berharap bisa maksimal lah,” ujar Mundjidah.

Disinggung mengenai angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kabupaten Jombang, Wakil Bupati Jombang menyatakan bahwa hingga tahun 2018 ini, angka pengangguran di Jombang mencapai 34 ribu jiwa.

“Dari data BPS (red : Badan Pusat Statistik) Kabupaten Jombang, masih terdapat 34.151 orang,” pungkas Mundjidah.

Dikonfirmasi secara terpisah, salah satu pencari kerja di Job Fair, Siti Mafrudhotul Rifah (24), sarjana muda asal Desa Kayangan, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang ini, berharap bisa mendapatkan pekerjaan melalui bursa kerja yang digelar oleh Pemkab Jombang.

“Yang pasti mau cari kerja. Yang saya cari admin, sesuai dengan jurusan saya, yakni administrasi bisnis,” tukasnya.(elo)