BPBD Lamongan Tambah Armada Tangki Atasi Krisis Air Bersih

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Mengatasi kekeringan yang semakin meluas di Kabupaten Lamongan, Badan Penanggulangan Daerah atau BPBD setempat menambah satu unit truk tangki. Armada ini diharapkan bisa menyelesaikan permintaan air bersih ke berbagai wilayah di Kabupaten Lamongan, menyusul terjadinya kemarau berkepanjangan.

Jumlah armada truk tangki yang dimiliki BPBD Lamongan saat ini berjumlah empat unit, satu unit merupakan penambahan pasca meluasnya kekeringan krisis air bersih yang meluas di sejumlah desa.

Penambahan armada truk tangki dianggarkan melalui Dana APBD Tahun 2018. Tujuan dari penambahan armada ini, diharapkan bisa berlangsung cepat memenuhi kebutuhan air bersih untuk masyarakar.

Menurut Sekretaris BPBD Lamongan, Ahmad Zaini, selain menambah satu unit armada truk tangki, BPBD Kabupaten Lamongan juga menambah armada pick up, dengan tujuan dapat menjangkau daerah terpencil yang tak terjangkau dengan kendaraan besar.

“Hingga hari ini, sebanyak 28 dusun di 23 desa yang tersebar di beberapa Kecamatan sudah menerima bantuan air bersih dari BPBD Kabupaten Lamongan, dengan total 150 truk tangki air bersih”, terang Zaini.

Lebih lanjut, Zaini mengatakan kondisi kemarau kali ini tidak menutup kemungkinan akan bertambah luas ke wilayah lain.

Sementara itu, untuk mengatasi krisis air bersih di Wilayah Kabupaten Lamongan, BPBD menghimbau seluruh kepala desa untuk cepat tanggap melaporkan Jika kebutuhan air bersih sudah tidak ada, sehingga pihaknya bisa melakukan droping air bersih ke desa-desa terdampak kekeringan.(omdik/fer/bis)