Asah Kemampuan Personel, Polres Trenggalek Gelar Mapping Psikologi

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Untuk mengetahui sejauh mana bakat, mental dan kompetensi seluruh personel sesuai dengan fungsi kepolisian saat bertugas, Polres Trenggalek menggelar Mapping psikologi yang berlangsung di Kampus STKIP Trenggalek, Kamis (30/8/2018).

Mapping merupakan genda tahunan dan melibatkan bagian psikologi Biro SDM Polda Jatim yang diikuti oleh ratusan personel Polres Trenggalek,

“ Kualitas kerja akan meningkat jika ada kesesuaian antara kompetensi dengan tugas pokok yang diemban. Tes psikologi ini hanya satu dari sekian indikator yang nantinya digunakan sebagai pertimbangan penempatan personel,” ucap Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S.

Sementara Kabagsumda Polres Trenggalek Kompol Siti Munawroh selaku penanggung jawab kegiatan menuturkankan, kegiatan tersebut dibagi menjadi 3 kategori yakni, tes psikologi bagi pemegang senpi, kemudian untuk calon peserta Sekolah Inspektur Polisi (SIP) dan Pendidikan Alih Golongan (PAG) dan terakhir adalah mapping psikologi itu sendiri.

“Materi masing-masing kategori tentu berbeda. Hasil dari tes psikologi ini lah nanti yang akan dipakai sebagai dasar rekomendasi baik bagi pemegang senpi maupun penempatan personel,” jelasnya.

Menurut Kompol Siti Munawaroh, khusus kategori calon peserta SIP dan PAG, tes merupakan latihan bagi mereka yang akan menghadapi seleksi penerimaan sekolah perwira. Sehingga mereka akan benar-benar siap.

“ Untuk aspek penilain meliputi tiga unsur antara lain, kecerdasan, kepribadian dan sikap kerja. Keseluruhan harus mencapai nilai yang telah ditentukan. Meskipun hasil tes psikologi tertulis baik dan dinyatakan lulus, namun jika hasil kajian sikap dan emosi tinggi rekomendasi tidak akan di berikan,’’ pungkasnya.(sup/ham)