Satlantas Polres Kendal Gelar Safety Riding untuk Tekan Kecelakaan

KENDAL, KANALINDONESIA.COM: Cara berkendara yang baik di jalanan memang mudah untuk dilakukan. Namun, jika itu dipraktikkan dalam kegiatan safety riding dengan banyaknya halangan berupa trafict cone. Seperti yang terjadi dalam Safety Riding yang digelar Satlantas Polres Kendal di depan Polsek Kota, Kendal, Minggu (2/9).

Banyak peserta yang gagal, karena kakinya menginjak jalan. Bahkan, anggota TNI yang beberapa waktu lalu menjadi juara lomba Safety Riding tingkat Polda Jateng, kakinya harus menapak ke jalan saat ditikungan tajam.

Salah satu peserta, Nasihin yang kesehariannya bekerja sebagai tukang ojek, mengaku kesulitan melewati lintasan yang ada.

“Tadi grogi sehingga kaki menyentuh tanah dan tidak bisa menjaga keseimbangan,’’ katanya.

Kasat Lantas Polres Kendal, AKP Edi Sutrisno, mengatakan, kegiatan itu dalam rangka memperingati HUT ke-63 Satlantas Polres Kendal. Safety Riding diikuti anggota TNI/Polri, klub motor, pelajar, dan tukang ojek. Jumlah peserta sekitar 200 orang.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan kelengkapan berlalulintas serta cara berkendaraan yang benar dengan berbagai rintangan yang dibuat.

‘’Melalui kegiatan ini dapat memberi tahu tentang keamanan berkendaraan, saya berharap kegiatan tersebut dapat mengurangi angka kecelakaan yang terjadi di Kendal,’’ ungkapnya.

Pihaknya mempersiapkan dua lokasi safety riding. Satu rute terdapat tujuh juri yang melakukan penilaian. Kategori penilaian antara lain kecepatan melintasi rintangan dan ketepatan.

‘’Mereka yang tercepat dan kaki tidak menyentuh tanah serta traffict cone menjadi juara,’’ terang Edi Sutrisno. (Eko)