Cari Dukungan Para Kiai, Ma’ruf Amin Silahturahmi ke Sejumlah Pesantren di Jombang

Calon Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin, saat ziarah ke makam Gus Dur dan KH Hasyim Ashari di Tebuireng Jombang

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM: Calon Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin mulai bergerilya mencari dukungan ke para kyai dan santri di sejumlah pondok pesantren (Ponpes) di Jawa Timur. Salah satu agenda kunjungan Rais ‘Aam Pengurus Besar Nahdatul Ulama tersebut, bersilahturahmi ke Ponpes Tebuireng Jombang.
Setibanya di Ponpes Tebuireng, Senin (03/09/2018) pukul 13.00 WIB, Ma’ruf Amin yang didampingi Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, langsung memasuki Ndalem Kasepuhan Ponpes Tebuireng.

Namun sayang, kedatangan Cawapres pendamping Joko Widodo ini, tidak disambut oleh KH Salahuddin Wahid. Pasalnya, Gus Solah (KH Salahuddin Wahid) sedang berada di Jakarta.
Setelah bersilahturahmi ke Ndalem Kasepuhan, dengan ditemui oleh Pengasuh Tebuireng, KH Abdul Hakim Mahfudz, Ma’ruf Amin beserta rombongan langsung menuju komplek makam keluarga Tebuireng.

Disitu, Ma’ruf Amin memanjatkan doa di hadapan pusaran pendiri Nu dan para tokoh Pahlawan Nasional seperti, KH Hasyim Asy’ari, KH Wahid Hasyim dan Presiden RI Ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Saat ditemui sejumlah jurnalis, KH Ma’ruf Amin menjelaskan bahwa kunjungannya kali ini merupakan agenda silahturahmi dan berziarah kepada guru-guru Ma’ruf Amin semasa nyantri (red : belajar) di Ponpes Tebuireng.

“Ketika saya sudah menjadi Calon Wakil Presiden, saya harus kembali ke tempat dimana saya dididik. Tebuireng ini, saya dulu pernah jadi santri disini, selama lima sampai enam tahun. Jadi saya harus ziarah kesini,” kata Ma’ruf Amin.

Tidak hanya berziarah, Ma’ruf Amin mengaku bahwa kunjungannya tersebut juga sebagai upaya dalam mencari dukungan untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019, yang akan ia ikuti bersama Calon Presiden, Joko Widodo (Jokowi).

“Karena saya dipilih sebagai Cawapres, saya sowan ke kiyai-kiyai, sama para pendiri NU. Saya meminta barokahnya, dan juga ke pesantren-pesantren meminta doa dan dukungannya,” ujar Ma’ruf Amin.

Selain itu, Ma’ruf Amin juga mengklaim bahwa dirinya sudah mendapat dukungan dari para kiyai sepuh dan para santri di berbagai pondok pesantren di Indonesia.

“Alhamdulillah, semua kiai, semua santri mendukung. Karena semuanya merasa bahwa ini mewakili mereka semua,” pungkas KH Ma’ruf Amin.

Perlu diketahui, selain di Ponpes Tebuireng, KH Ma’ruf Amin juga dijadwalkan akan mengunjungi Ponpes Tambakberas dan makam salah satu Pendiri NU lainnya, yakni KH Wahab Hasbullah.(elo)