Peduli Sesama, Polsek Dongko Bedah Rumah

TRENGGALEK, KANALINDONESIA. COM: Berbagai kegiatan yang bersifat sosial telah di lakukan Polsek Dongko. Kepeduliannya dalam membantu masyarakat yang tidak mampu patut di apresiasi.

Seperti halnya, memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat yang dilanda kekeringan yang terkenal dengan Patroli Gentong. Juga melakukan bedah rumah milik Pojem warga Desa Petung Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek Jawa Timur.

“ Perbaikan rumah ini bukan tanpa sebab, karena kondisi rumah memang sangat memprihatinkan, tidak ada kamar, lantai tanah dan jadi satu dengan dapur serta kandang ayam. Ukurannya hanya 2.5×5 meter,’’ ucap AKP Tri Basuki Senin (4/9/2018)

Menurutnya, Pojem yang usianya 83 tahun ini, tinggal bersama saudara perempuannya Wonem (85). Untuk makan sehari-hari hanya dari hasil jual kayu bakar serta dari pemberian tetangga.

Bedah rumah menjadi lebih layak huni tersebut, lanjut AKP Tri Basuki, merupakan inisiatif dari anggotanya yang prihatin dengan kondisi rumah Mbah Pojem.

“ Awalnya kami dari Polsek Dongko memberikan bantuan berupa sembako kepada Mbah Pojem dan Mbah Wonem ini. Melihat kondisi rumahnya yang memprihatinkan, beberapa anggota mengusulkan untuk melakukan bedah rumah,’’ jelasnya.

Untuk membangun rumah layak huni, tambahnya, dibutuhkan sedikitnya Rp 10 juta dan diperoleh dari iuran sukarela dari seluruh anggota Polsek Dongko ditambah dari beberapa donatur yang memang berkeinginan membantu.

“Kami kumpulkan sedikit demi sedikit dari iuaran anggota. Ada juga dari beberapa donatur hingga cukup untuk membeli berbagai keperluan bedah rumah. Besama masyarakat, alhasil proses pengerjaan rumah satu hari sudah selesai,” tandasnya.

Sementara, Mbah Pojem nampak sangat senang melihat kondisi rumahnya yang lebih rapi. Ia pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota Polsek dan masyarakat yang terlibat bedah rumahnya.

“ Saya sangat berterima kasih semua, karena rumah kami telah diperbaiki dan menjadi layak huni. Saya tidak bisa membalas apa-apa selain doa semoga diberikan pahala melimpah dari yang Maha Kuasa,’’ pungkas Mbah Pojem.(sup/ham)