Suara NU Jadi Unsur Penting di Pilpres 2019, Prabowo Datang Ke Tebuireng Jombang

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM:  Setelah sebelumnya bakal calon Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, kini giliran bakal calon Presiden Prabowo Subianto berkunjung ke Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng Diwek Jombang, Kamis (6/9/2018).
Prabowo datang dengan ditemani Wakil Ketua DPP Gerindra Fuad Bawazir, Ketua DPD Gerindra Jatim Soepriyatno, Sekretaris DPD Gerindra Jatim Anwar Sadad dan sejumlah elit Gerindra lainnya.

Rombongan Prabowo tiba di Ponpes Tebuireng pada pukul 08.30 WIB. Dengan mengenakan kopiah dan baju safari krem, mantan Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus itu disambut oleh KH Abdul Hakim Mahfud atau yang akrab disebut Gus Kikin.

“Selamat datang ke Tebuireng Pak Prabowo,” sambut Gus Kikin.

Selanjutnya, Prabowo dan sejumlah petinggi Gerindra melakukan pertemuan tertutup bersama dengan keluarga Ponpes Tebuireng di Ndalem Kasepuhan Tebuireng.

Kurang dari 1 jam pertemuan berlangsung, Prabowo dan rombongan melanjutkan kegiatan dengan menuju komplek makam keluarga Tebuireng untuk berziarah ke makam Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari, KH Wahid Hasyim dan Presiden RI Ke-4 KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

“Beberapa kali saya ziarah ke sini,” ujar Prabowo.

Saat ditanya dalam rangka apakah kunjungan Prabowo, ke Tebuireng kali ini, pihaknya mengatakan bahwa ini merupakan strategi meraih dukungan warga Nahdliyin dalam Pilpres 2019. Dan Prabowo menegaskan bahwa seluruh eleman masyarakat itu penting, begitu juga warga Nahdliyin.

“Sejak dulu saya dekat dengan NU (Nahdlatul Ulama). Saya kenal baik dengan Gus Dur, Gus Solah (red : Salahuddin Wahid – Pengasuh Tebuireng). Semua bisa dikatakan sahabat-sahabat saya, rekan seperjuangan, mereka pahlawan, tokoh islam tapi yang nasionalis yang berjasa kepada negara,” ungkap Prabowo.

Dari Pesantren Tebuireng, Prabowo dan rombongan melanjutkan kunjungan ke Tambakberas, untuk berziarah ke makam KH Wahab Hasbullah. Usai dari Jombang, rombongan melanjutkan perjalanan ke Bangkalan.

Sebelumnya, bakal calon Wakil Presiden (Wapres), KH Ma’ruf Amin, melakukan safari ke sejumlah pesantren di Jawa Timur. Usai dari beberapa pesantren di Kediri, giliran Pesantren Tebuireng Jombang yang dikunjungi KH Ma’ruf, Senin (3/9). Tidak sendirian, terlihat juga Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar dalam rombongan tersebut.(elo)