Polisi Bekuk Pencuri Motor di Kantor PMI Jombang dan Parkiran Minimarket

dua tersangka yang berhasil diamankan aparat Satreskrim Polres Jombang

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM: Aparat Satreskrim Polres Jombang, akhirnya berhasil mengamankan pelaku pencurian kendaraan bermotor di kantor PMI Jombang di Adityawarman, Kelurahan Kepanjen Jombang, pada 31 Agustus 2018 kemarin.

Tak hanya berhasil meringkus, DP (23) pelaku pencurian asal Dusun Mojokuripan Desa Jogoloyo, Kecamatan Sumobito, Jombang. Polisi juga berhasil mengamankan penadah hasil curian kendaraan bermotor tersebut yakni, A (24) warga Mojowarno.
Penangkapan pelaku pencurian itu, merupakan hasil penyelidikan polisi dari hasil rekaman kamera CCTV, yang ada di kantor PMI.

“Kita pelajari dari CCTV yang ada di lokasi pencurian. Berangkat dari CCTV tersebut, akhirnya kita bisa mendapatkan titik terang, bahwa pelakunya adalah tersangka DP,” ujar Kasat Reskrim Polres Jombang, AKP Gatot Setya Budi, pada sejumlah jurnalis, Kamis (6/9/2018).

Masih menurut penjelasan Gatot, pada petugas tersangka mengaku pernah melakukan pencurian serupa di lokasi yang berbeda, tepatnya di sebuah minimarket yang ada di Desa Mancar Peterongan, pada tanggal 25 Agustus 2018.

“Kita kembangkan lagi ternyata, ia bukan hanya melakukan di kantor PMI itu, tetapi dia juga mengambil sepeda motor di parkiran Indomart pada tanggal 25 Agustus,” tegas Gatot.

Usai berhasil mengamankan tersangka DP beserta barang bukti, yakni satu unit kendaraan Honda Vario dengan nomor polisi S 5317 YV, petugas melakukan pengembangan untuk memburu tersangka lain.

“Kita juga berhasil mengamankan satu uni sepeda Honda Beat dengan nopol S 6593 YI, yang kebetulan sudah dipindah tangankan (red : dijual) ke tersangka A. Kita berhasil mengamankan dua unit sepeda motor hasil curian, beserta satu unit sepeda motor milik tersangka yang digunakan sebagai sarana pencurian,” kata Gatot.

Dalam melakukan pencurian kendaraan bermotor, tersangka ini menggunakan modus baru. Tersangka mengambil sepeda motor yang tidak di kunci stang. Kemudian oleh tersangka beserta rekannya di dorong menggunakan sepeda motor lain.

“Tekniknya ini dia khusus mencuri sepeda motor yang tidak di kunci stirnya (red : kunci stang), dia ambil dari TKP kemudian dia dorong sama tersangka satunya yang saat ini sudah kita amankan dan kita bawa ke Polres,” ungkap Gatot.

Atas perbuatannya, kini pelaku harus mendekam di sel tahanan Polres Jombang. Pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana paling lama 7 tahun penjara.(elo)