Polsek Kampak, Laksanakan Patroli dan Cek Daftar Kadaluarsa Obat

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Polsek Kampak, jajaran Polres Trenggalek, Jawa Timur dibawah komando Iptu Anwar, terus gencar melaksanakan patroli rutin cipta Kamtibmas. Selain patroli cipta kondusif,  petugas juga melakukan pengecekan dan teliti daftar kadaluarsa obat di apotik di wilayahnya, Kamis (6/9/2018).

Dalam kunjungan dan pengecekan tersebut, dihimbaukan agar para karyawan dan apoteker untuk selalu rutin dan teliti cek daftar kadaluarsa obat. Jangan sampai obat yang dijual ternyata kadaluarsa dan mengakibatkan jatuhnya korban jiwa.

“ Selain berbahaya obat yang sudah kadaluarsa, ada beberapa asumsi bila seseorang menggunakan obat yang sudah kadaluarsa. Penyakit tidak atau lama sembuhnya, karena obat yang digunakan sudah berkurang potensinya,’’ ucap  Kapolsek Kampak Iptu Anwar.

Menurutnya, obat yang kadaluarsa potensinya berkurang karena sebagian zat berkhasiat sudah berubah menjadi zat lain. Contoh antibiotika, hormon, obat dalam bentuk larutan dan obat yang kadaluarsa berubah menjadi beracun yang menimbulkan bahaya baru.

“ Contoh lain, tetracyclin yang kadaluarsa dapat menimbulkan gangguan ginjal berat yang disebut fanconi syndrome; Obat kadaluarsa ternyata tidak berubah secara fisik dan kimia (obat tetap berkhasiat),’’ imbuhnya.

Iptu Anwar menambahkan, penampilan fisik obat yang berubah, baik warna, rasa dan bau obat yang lain dari biasanya merupakan peringatan pada kita agar tidak mengkonsumsi obat tersebut.

Kerusakan obat dapat saja terjadi, walau tanggal kadaluarsa belum terlewati. Serta usahakan menyimpan obat dengan baik dan benar dikarenakan mampu membantu menjaga potensi dalam waktu yang lama. Sebaiknya obat disimpan pada suhu yang telah ditentukan.

“ Untuk itu kami himbaukan kepada masyarakat supaya  berhati-hati, periksa dan teliti sebelum membeli agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita ingingkan,’’pungkasnya.(sup/ham)