Sedekah Desa Rejoslamet, Gunungan Hasil Pertanian Diarak Keliling Kampung

arak-arakan gunungan hasil pertanian Desa Rejoslamet, Kecamatan Mojowarno Jombang

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM :Dalam rangka sedekah Desa yang bertempatan dengan 1 Muharam. Warga Dusun Banjarsari, Desa Rejoslamet, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, mengarak gunungan hasil pertanian desa setempat.

Selain untuk meruwat Desa, masyarakat juga berharap dengan mengarak gunungan hasil pertanian, di sepanjang jalan Desa yang mencapai 3 kilometer ini, bisa menjadi ajang silahturakhim bagi warga.

“Kegiatan ini dilakukan setipa tahun, untuk sedekah Desa. Ya harapannya masyarakat bisa kompak dan rukun mas,” ujar kepala Desa Rejoslamet, H. Sulkan, pada sejumlah jurnalis, Selasa (11/9/2018).

Gunungan hasil pertanian ini, diarak warga dengan menggunakan kostum-kostum yang beragam, hingga ada yang memodifikasi hand traktor menjadi telur asin raksasa. Selain itu warga juga menggunakan iring-iringan music, yang mewakili tiap masing-masing Rukun Tetangga (RT).

“Itu semua perwakilan dari setiap dusun yang dikumpulkan. Desa Rejoslamet ini terdiri dari 5 dusun, dusun Grogolan, Dusun Blawen, Banjarsari, Ngnden dan Sukolilo, yang jumlah penduduknya sekitar 4.000,” tegas Sulkan.

Acara sedekah desa yang menjadi kegiatan rutin masyarakat Dusun Banjarsari itu, nampaknya menarik antusias warga. Bahkan, demi untuk ikut mengarak gunungan hasil pertanian desa itu, warga rela menyewa kostum baju, di salon.

“Ya saya ikut senang, merayakan kegiatan ini. Ini sudah keempat kalinya saya ikut. Ini bajunya sewa selepas pulang kerja langsung nyari baju buat acara ini,” ungkap Erna Meilani (19), salah satu warga yang rela merogoh koceknya hanya untuk ikut mengarak gunungan hasil pertanian Desanya.

Berbagai kostum dan jenis kesenian music, baik modern atau tradisional terdengar saling bersahutan mengiringi arak-arakan gunungan itu. Saat tiba di lapangan Desa setempat, gunungan hasil pertanian itu selanjutnya, menjadi rebutan warga untuk dibawa pulang.

Kegiatan tahunan ini, selain dihadiri seluruh masyarakat maupun jajaran pemerintah Desa. Tampak hadir ketua Fraksi Partai Demokrat, Novita Eki Wardani. Dan untuk mengatur jalannya arak-arakan gunungan tersebut, tampak sejumlah relawan SEMAR.(elo)