Oknum DPRD Kota Mataram OTT Dana Rehab Sekolah Pascagempa

Barang bukti hasil OTT oknum DPRD kota Mataram, yang berhasil di amankan Kejari Mataram, Jumat (14/9/2018)

MATARAM,KANALINDONESIA.COM: Salah seorang oknum anggota DPRD Kota Mataram inisial HM dari Fraksi Golkar, bersama Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram dan seorang kontraktor terjaring operasi tangkap tangan (OTT) tim gabungan Kejaksaan Negeri Mataram dan Polres Mataram, Jum’at (14/9/2018) siang.

Ketiganya ditangkap di sebuah rumah makan di wilayah Cakranegara Mataram. HM ditangkap saat menerima uang proyek rehab sekolah paska bencana yang diberikan oleh kontraktor sebesar 30 juta rupiah.

Kepala Kejaksaan Negeri Kota Mataram DR Ketut Sumedana, menjelaskan, pihaknya sebenarnya akan menangkap HM pada Kamis (13/9)lalu. Saat itu ia menerima uang sebesar Rp 1 juta dari kontraktor tersebut.

Namun berdasarkan informasi yang berhasil di kumpulkan, pada Jumat (14/9) HM kembali menerima uang dari kontraktor untuk memuluskan proyek rehabilitasi sekolah paska bencana yang di tender oleh Dinas Pendidikan Kota Mataram.

“Kita sebenarnya ingin menangkap Kamis kemarin, tetapi info yang kita dapatkan hari ini terjadi transaksi lagi dan barulah kita melakukan penangkapan,” jelasnya.

Ia melanjutkan, setelah di lakukan penyelidikan dan pemeriksaan terhadap ketiganya, Kejari Mataram menetapkan status tersangka pada HM. Sementara Kadisdik serta kontraktor yang memberikan uang 30 juta masih sebagai saksi. HM disangkakan pasal 12E tentang pemerasan.

HM sementara ini ditetapkan sebagai tersangka tunggal kasus pemerasan proyek rehabilitasi sekolah paska bencana tahun 2018. Adapun hukuman bila terbukti melakukan pemerasan minimal di kenakan kurungan 5 tahun penjara.

“HM telah memenuhi unsur pasal 12E Undang- Undang Tipikor tentang pemerasan, adapun Kadisdik serta kontraktor saat ini masih berstatus sebagai saksi,” pungkasnya.

HM diketahui sering meminta jatah uang proyek kepada setiap kontraktor. Tindakan HM ini sendiri sebelumnya telah di pantau oleh Kejaksaan dari dulu. (Idam)