Sebanyak 42 Wirausaha Sekolah Bisnis Muslim diwisuda PDM Kendal

KENDAL,  KANALINDONESIA.COM: Sebanyak 42 Wirausaha diwisuda, Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan (MEK) Pimpinan Daerah Muhammadiyah kendal kembali menggelar wisuda mahasiswa Sekolah Bisnis Muslim (SMB) untuk kedua kalinya, Sabtu (15/9) di Gedung Dakwah PDM Kendal.

Rektor Sekolah Bisnis Muslim Kendal, Moh Tasin, mengatakan, SBM bertujuan memperkuat pilar ketiga Muhammadiyah, yakni bidang ekonomi. Kegiatan itu memberdayakan seluruh MEK PC Muhammadiyah se-Kabupaten Kendal yang bertekad mencetak pengusaha baru yang berwawasan.

”Dengan sistem pembelajaran mendatangkan langsung para pelaku usaha untuk mentoring dan memberikan pengarahan kepada para mahasiswa, sehingga mereka dituntut lebih aktif dalam menimba ilmu dari para narasumber,” jelasnya.

MEK PDM Kendal bekerja sama dengan Lazismu PDM Kendal untuk memberikan dana stimulan melalui lewat program dana bergulir. Pada angkatan pertama, telah terbentuk tiga kelompok usaha yang dijalankan, yaitu Mr Kebab, Mr Macho Barbershop, dan Rumah Aqiqoh.

”Saat ini para kelompok usaha mengalami perkembangan yang cukup baik seperti Mr Kebab dan Mr Macho Barbershop sudah mempunyai dua cabang yang terletak di berbagai
daerah di Kabupaten Kendal. Sementara Rumah Aqiqoh mendapatkan banyak menerima permintaan aqiqoh. Mereka juga menerima jasa catering untuk pernikahan, syukuran, maupun acara lainnya,” katanya.

Ketua MEK PDM Kendal, M Agoes Hidayat, menambahkan, SBM 2 memunculkan kelompok usaha seperti Super Maggot, Super Laundry, dan Super Angkringan.

”Berbeda dengan SBM 1 yang banyak diikuti oleh karyawan ataupun pemula, pada SBM 2, sebagian peserta sudah sebagai pelaku usaha yang ingin menambah wawasan dan jejaring usahanya,” ungkapnya. (Eko)