Polres Trenggalek, Gelar Latihan Prs Latpraops

n:Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S pimpin rapat persiapan pra Latpraops

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Polres Trenggalek gelar latihan pra operasi (Latpraops) `Mantap Brata Semeru 2018, Selasa (18/9/2018). Latpraops ini yang berlangsung di ruang Rupatama, merupakan langkah mematangkan persiapan dan kesiapan baik personel maupun Sarpras sebelum operasi resmi di gelar.

Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S dalam arahannya mengatakan, tujuan utama dari digelarnya operasi Mantap Brata Semeru 2018 adalah terciptanya Kamtibmas kondusif menjelang pesta demokrasi tahun 2019 mendatang.

Guna mencapai hal tersebut, dibutuhkan komitmen kuat masing-masing personel yang terlibat melalui berbagai kegiatan preemtif, preventif dan represif.

“Saya minta semua yang terlibat dan benar-benar serius menjalankan tugas sesuai tupoksi masing-masing,” ucap AKBP Didit

Menurutnya, tanggung jawab keamanan selama berlangsungnya pesta demokrasi ada di pundak kita. Maka dari itu lakukan terobosan dengan kegiatan rutin yang ditingkatkan serta koordinasikan dengan penyelenggara pemilu dan stakeholder lainnya.

Kedepan, lanjut AKBP Didit, kerawanan terbesar justru berangkat dari media sosial. Berita hoax, ujaran kebencian dan isu Sara masih menjadi tantangan yang perlu diantisipasi sejak dini. Beredarnya isu di media sosial dapat berkembang menjadi ancaman di dunia nyata.

“Ini tantangan kita di era digital seperti sekarang. Giatkan kembali patroli siber. Segera laporkan jika menemukan konten negatif yang mengarah pada adu domba, memecah belah, hate speech, Sara maupun hoax” tegasnya.

Sementara itu, Kabagops Polres Trenggalek Kompol Heru Kunbiantoro, selaku Karendalops menuturkan, personel yang terlibat operasi secara kesuluruhan berjumlah 325 orang yang terbagi menjadi 6 satuan tugas dan sekretariat posko operasi.

Sebagai Kaposko adalah Kompol Kompol Purwo A.R, Satgas preemtif dikomandani oleh AKP Katimun, Satgas Preventif AKP Suyono, Satgas Kamtibselcarlantas oleh AKP Ricky Tri Dharma, Satgas Tindak oleh Iptu Sardono, Satgas Gakkum AKP Sumi Andana, dan Satgas Banops oleh Kompol Siti Munawaroh.

“Personel diambil dari Polres dan melibatkan Polsek jajaran,” tutur Kompol Heru

Operasi Mantap Brata Semeru 2018 sendiri, tambahnya, berlangsung cukup lama yakni 224 hari.

Dan resmi dimulai tanggal 20 September 2018 meliputi tahap kampanye, masa tenang, pemungutan suara dan penghitungan suara, penetapan hasil Pemilu, pengucapan sumpah janji/pelantikan anggota DPR, DPD dan DPRD serta pelantikan Presiden dan Wakil Presiden.

“ Kita mengedepankan metode preemtif dan preventif yang didukung kegiatan intelijen dan penegakan hukum, sehingga terwujud situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Trenggalek,” pungkasnya.(sup/ham)