Grup Rebana Ridhol Mustofa Gelar Pentas Seni

Mengangkat Kearifan LokalKENDAL, KANALINDONESIA.COM: Grup rebana Ridhol Mustofa Al Faruq asal desa Tamangede Kecamatan Gemuh yang didirikan sejak 2013. Grup rebana tersebut sudah beberapa tampil dan menjadi juara di beberapa kejuaraan tingkat Kabupaten.

Grup rebana yang menerima bantuan dari Kementerian Sosial. Bantuan yang diberikan berupa alat rebana dan seragam dilaksanakan di Kantor Desa Tamangede Kecamatan Gemuh, Selasa (18/9).

Pembina grup Ridhol Mustofa Al Faruq, Ahmad Nur Rohim, mengatakan, Kementerian Sosial memberikan bantuan, bila pihaknya menggelar pentas seni yang mengangkat kearifan lokal.

‘’Kami menyelenggarakan pentas rebana untuk menyambut kedatangan dari Kementerian Sosial. Tidak hanya itu kami juga mengundang sejumlah grup rebana dari beberapa kecamatan untuk memeriahkan pentas seni,’’ jelasnya.

Dikatakanya, grup rebana tersebut sudah beberapa kali tampil menjadi juara dalam sejumlah kejuaraan. Salah satunya tingkat Kabupaten Kendal yang digelar tahun 2017 dan tingkat Jateng yang diselenggarakan Februari 2018.

‘’Grup rebana kami kerap diundang di berbagai acara seperti mauludan, tasyakuran pernikahan,’’ katanya.

Kepala Dinas Sosial, Kuncahyadi, mengatakan, grup rebana tersebut diminta bisa mempunyai rasa kepedulian sosoal kepada sesamanya. Bantuan yang diberikan Kementerian Sosial yang bertujuan menciptakan sikap kebersamaan di lingkungan masyarakat.

‘’Dari Kendal ada dua grup rebana yang mendapat bantuan yakni dari Desa Tamangede dan dari Desa Salamsari,’’ungkapnya.

Sementara Kepala desa Tamangede Nur Sikoh memgatakan, dirinya berharap agar grup rebana Ridhol Mustofa bisa memberikan daya tarik bagi generasi muda Tamangede ke kegiatan yang positif agar terjauh dari bahaya Narkoba.

“Saya berharap dengan aktifnya rebana dapat memberikan motivasi bagi generasi muda lainnya dan pemuda dapat terjauhkan dari penyalahgunaan Narkoba.(eko)