Kembangkan Wisata di Jombang, DPR RI dan Kementrian Pariwisata Masuk Kampus

pelatihan dasar SDM kepariwisata pada mahasiswa di Jombang, yang digelar di gedung UNIPDU Rejoso Peterongan Jombang

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM: Upaya untuk memajukan potensi wisata yang ada di Jombang, tampaknya ditanggapi secara serius oleh Kementrian Pariwisata dan Komisi X DPR RI, Suryo Alam.
Tanggapan serius ini nampak pada acara pelatihan dasar SDM kepariwisataan pada sejumlah mahasiswa yang ada di Jombang.

Sejumlah mahasiswa dari berbagai kampus yang ada di kota santri itu, mulai dari UNWAHA, UNIPDU, Undar, STKIP, maupun UNHASY Tebuireng Jombang, dibekali materi dasar kepariwisataan.

“Untuk mengembangkan pariwisata salah satu terpentingnya itu SDM. Salah satu cara tercepat Mahasiswa umum ini bisa dijadikan duta-duta pariwisata,” ujar Suryo Alam, pada sejumlah jurnalis, Rabu (19/20/2018).

Masih menurut Suryo Alam, untuk mendidik secara khusus sarjana di bidang kepariwisataan itu membutuhkan waktu yang lama, sedangkan banyaknya mahasiswa local bisa lebih cepat untuk dijadikan duta pariwisata, karena mereka paham dengan kondisi daerahnya.

“Mereka lebih menguasai daerah, kemudian kemampuan berbahasa. Kemudian mereka datang dari berbagai daerah, dan secara otomatis mereka bisa mengarahkan kemana lokasi wisata yang ada di Jombang, paling tidak mereka bisa membantu mengatur,” ungkap Suryo Alam.

Selain itu, peran mahasiswa yang ad di Jombang, sangat menentukan, perkembangan wisata yang ada. Yakni dengan cara bertukar informasi pada jejaring mereka sesama mahasiswa.
Bahkan, selama ini pihaknya mempunyai gagasan untuk memajukan wisata ini, dengan melibatkan sektor pendidikan.

“Ini merupakan salah satu cara tercepat mengembangkan pariwisata di Jombang. Kami di dewan bersama dengan kementrian, memikirkan juga ada kemahasiswa, ada juga ke guru-guru, ada ke anak-anak pelajar, untuk menanamkan semangat kepariwisataan, dan mahasiswa ini memang termasuk yang prioritas,” tukas Suryo Alam.

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan dasar asal Undar, Sahdan, mengaku senang mengikuti pelatihan tersebut. Pasalnya dengan pelatihan ini, pemuda asal Lombok tersebut, bisa lebih memahami ilmu, pariwisata.

“Ya senang lah mas, bisa menambah pengetahuan buat kami, mengenai dasar-dasar kepariwisataan. Selain itu, nanti informasinya bisa disalurkan pada rekan-rekan yang ada di kampus, untuk berpartisipasi mengembangkan potensi wisata di Jombang,” pungkasnya.

Perlu diketahui, kegiatan ini juga dihadiri oleh deputi bidang pengembangan industri dan kelembagaan, serta asisten deputi pengembangan SDM pariwisata dan hubungan antar lembaga kementrian pariwisata. Selain itu juga tampak perwakilan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jombang.(elo)