30 Butir Pil Koplo Dalam Bungkus Rokok, Antarkan Edi Ke Jeruji Besi

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM: Edi Kurniawan (27), ditangkap petugas Unit Reskrim Polsek Jombang Kota di depan salah satu warung yang ada di Jalan Jaksa Agung Suprapto Kelurahan Jombatan.

Pasalnya, warga Dusun Godong II Desa Godong Kecamatan Gudo ini mengedarkan obat keras berbahaya (okerbata) jenis dobel L. Dari tangan tersangka, petugas mengamankan barang bukti 30 butir pil dobel L yang disembunyikan dalam bungkus rokok.

“Pelaku dan barang bukti langsung diamankan,” ujar Kepala Sub Bagian Humas Polres Jombang, Iptu Sarwiadji pada sejumlah jurnalis, Jumat (21/9/2018).

Penangkapan ini menurut Sarwiadji, bermula dari kecurigaan petugas unit reskrim yang sedang patroli kamtibmas, saat melihat gerak gerik Edi di sekitaran tempat kejadian perkara (TKP). Selanjutnya, petugas memutuskan untuk mendatangi pelaku.

Saat didatangi, Edi terlihat gugup. Situasi ini semakin menguatkan kecurigaan sehingga petugas memutuskan melakukan penggeledahan. Meski sempat mengelak saat ditanya kepemilikan pil, Edi akhirnya tak berkutik ketika petugas menemukan pil koplo yang disembunyikan dalam bungkus rokok merek Pro Mild bungkus merah.

“Pil koplo siap edar itu dikemas dalam 3 plastik klip yang masing-masing plastik berisi 10 butir, sehingga kalau ditotal ada 30 butir. Barang bukti lain yang diamankan yakni sebuah HP merek Lenovo,” ungkap Sarwiadji.

Selanjutnya petugas membawa pelaku berikut barang bukti pil koplo ke mapolsek untuk pemeriksaan lanjutan.

“Pelaku melanggar Pasal 196 Undang-undang Republik Indonesia No 36 tahun 2009 tentang Kesehatan, dengan ancaman pidana paling lama 10 tahun penjara,” pungkas Sarwiadji.(elo)