Merti Desa Karangmulyo di hadiri Artis Chaca Frederica

KENDAL – KANALINDONESIA.COM
Warga Dukuh Penyangkringan RT 1 RW 3 menggelar pagelaran wayang kulit di halaman SD 2 Karangmulyo, Kecamatan Pegandon, Sabtu (22/9) malam.
Kegiatan merti desa itu bertujuan menguri-uri budaya bangsa yang semakin luntur di era globalisasi. Merti desa dihadiri Dico M Ganinduto dan istrinya yakni Chaca Frederica yang merupakan seorang artis dan anggota DPD RI asal Jateng Bambang Sadono.
Kades Karangmulyo, Sudargo, mengatakan merupakan bentuk syukur kepala Allah Swt yang telah memberikan kesejahteraan dan keberkahan kepada warga Desa Karangmulyo. Dengan adanya kegiatan ini pihaknya berharap seluruh elemen di desa bisa guyub dan rukun untuk kepentingan desa. ‘’Saya berharap setiap tahun hasil pertanian di desa semakin baik dan bermanfaat bagi warga desa,’’ tuturnya.
Dico M Ganinduto, menambahkan, dengan sedekah bumi atau merti desa, sebagai bentuk melestarikan tradisi budaya bangsa. Dikatakanya, sekarang ini, generasi mileneal kurang peduli terhadap seni dan budaya yang dimiliki bangsa. ‘’Saya berharap untuk generasi muda, bisa memahami kesenian tradisional, setidaknya dimana mereka tinggal. Setelah memahami kesenian di daerah mereka, baru mempelajari kesenian lain yang ada dimiliki bangsa Indonesia,’’ ungkapnya.
Ketua panitia, Muhdi Wibowo, mengatakan, terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya merti desa tersebut. Kegiatan dalam rangka memperingati 1 Sura tersebut selain pagelaran wayang kulit, juga menggelar seni tradisi barongan. ‘’Merti desa ini rutin kami gelar setiap tahun sebagai bentuk syukur kepada Allah Swt,’’ katanya. (Eko)