Lakukan Pemerasan, Oknum Wartawan dan LSM Di Lamongan diamankan Polisi

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM
Tim Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Lamongan berhasil menciduk dua oknum yang mengaku wartawan dan dua orang oknum dari lembaga swadaya masyarakat (LSM). Keempat pelaku ditangkap karena melakukan pemerasan terhadap pengurus kelompok ternak dengan meminta sejumlah uang agar kasusnya bisa diredam.

Keempat tersangka yang diamankan yakni dua oknum dari LSM, Keduanya K (53) warga Dusun German Desa German Kecamatan Sugio dan DW (25) warga Desa Datinawong Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. Sedangkan dua oknum wartawan juga ikut diamankan yaitu AS (35) warga Desa Ngambek Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan, dan IDW (33) asal Tanahlandean Desa Balongpanggang Kecamatan Gresik.

Menurut Wakapolres Lamongan, Kompol Imara Utama didampingi Kasat Reskrim, AKP Wahyu Norman Hidayat dalam keterangannya mengungkapkan keempat tersangka tersebut melakukan pemerasan dengan berjanji tidak akan mengekspos kasus korban, adapun yang menjadi korban atas kasus pemerasan oknum wartawan dan LSM yakni Mutawi (41) warga Desa Drajat Kecamatan Paciran Lamongan Jawa Timur.

“Intinya dalam surat yang pernah dikirimkan tersebut terkait indikasi korupsi. Dan kedatangan K, AS, IDW dan DW ke korban tersebut untuk meminta uang Rp 5 juta agar surat yang pernah dikirimkan itu tidak dikirimkan ke Kejaksaan untuk dilakukan langkah hukum” ungkap Kompol Imara Utama. Senin (24/09/2018)

Tak hanya itu, lanjut Kompol Imara menambahkan akibat aksi keempat oknum tersebut akhirnya korbanpun khawatir dan ketakutan sehingga memberikan uang kepada oknum LSM, namun hanya bisa menyanggupi Rp 3, 5 juta.

“Merasa jadi korban pemerasan, kemudian korban melaporkan ke kantor polisi. Dan ditindaklanjuti oleh sejumlah petugas reskim dengan mengamankan didatangi K, AS, IDW dan DW saat berada d” terang Imara.

Anggota Satreskrim berhasil mengamankan empat tersangka pelaku pemerasan, serta mengamankan barang bukti berupa uang tunai RP 3,5 juta, selembar surat pengaduan, empat ID Card yakni dua lembar ID card anggota LSM dan dua lembar kartu pers serta satu bendel kwitansi.

Atas ulah keempat oknum tersebut masing-masing tersangka dijerat pasal 378 KUHP atau 369 KUHP jo Pasal 55 ayat 1 KUHP tentang tindak pidana penipuan atu pemerasan dengan tulisan.

“Tersangka terancaman kurungan penjara paling lama 4 tahun kurungan penjara” tegas Kompol Imara Utama.

Jurnalis : Omdik / Ferry / Bisri
Editor. : Arso
Sumber. : Kanal Lamongan