Hadiri Larung Sembonyo Di Pantai Cengkrong, Bupati Emil Obati Kerinduan Warganya

Bupati Emil turut hadir dalam upacara adat Labuh Laut di Pantai Cengkrong

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Bupati Trenggalek, Emil Elistianto Dardak tampak menghadiri upacara adat Larung Sembonyo di Pantai Cengkrong Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Upacara adat Labuh Laut Larung Sembonyo ini dilakukan sebagai wujud rasa syukur atas nikmat Tuhan karena hasil tangkapan ikan yang melimpah bagi para nelayan.

Kehadiran orang nomor 1 di kota Keripik Tempe ini dalam arak-arakan tumpeng sembonyo tentu menjadi pusat perhatian sekaligus pengobat rindu masyarakat Watulimo dan pengunjung Pantai Cengkrong. Setelah menjalani ibadah haji bersama sang istri beberapa waktu lalu, Emil Dardak kembali menjalani tugasnya sebagai Bupati Trenggalek.

Kangen? Mungkin perasaan ini yang tengah dirasakan warga saat beberapa hari, Bupati tidak berada di Trenggalek. Tidak segan – segan, Bupati muda lulusan Harvard University ini menyapa warga sekaligus meladeni permintaan swafoto mereka.

Melihat adanya potensi wisata yang dapat dikembangkan dalam upacara adat di Pantai Cengkrong ini, Emil Dardak sangat mengapresiasi tradisi budaya yang baru diselenggarakan pertama kali di Pantai Cengkrong.

“Saya tadi sempat bertanya kepada salah satu pengunjung, ternyata dari Malang. Niatannya mau melihat keindahan Pantai Cengkrong, namun karena melihat keramaian dia akhirnya menyaksikan dan tanggapannya cukup menarik, ” ucap Bupati Trenggalek, Selasa (25/09/2018).

Tidak hanya melihat potensi wisata pada acara Labuh Laut Larung Sembonyo saja, suami Arumi Bachsin ini juga melihat potensi besar pada hilir Pancer Cengkrong yang juga dapat dikembangkan sebagai obyek wisata alternatif di Watulimo.

Lebih lanjut pria dengan penampilan baru brewokan ini menyarankan bahwa para pengunjung bisa memanfaatkan perahu wisata untuk melihat jembatan galau yang menjadi icon Pantai Cengkrong. “Nantinya bisa saja dikembangkan untuk pengunjung naik perahu dari jembatan galau, terus transit dilokasi ini untuk sekedar melihat keindahan alam maupun menikmati kuliner khas Pantai Cengkrong, ” imbuhnya.

Namun Bupati yang terpilih menjadi Wakil Gubernur Jatim ini menghimbau kepada warga, untuk tidak mendirikan bangunan liar dilokasi tersebut. Ia menekankan agar kawasan wisata Pantai Cengkrong bisa dijaga dan di tata agar salah satu lokasi wisata di Kabupaten Trenggalek ini mampu menarik kunjungan wisatawan baik lokal maupun domestik. (mil/ham)