Bupati Trenggalek Lantik Kepala Desa Munjungan

Pelantikan Kepala Desa Munjungan oleh Bupati Trenggalek

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Bupati Trenggalek, H Emil Elistianto Dardak  resmi melantik Penjabat Kepala Desa Munjungan. Pengembangan sumpah jabatan Penjabat Kepala Desa Munjungan ini dilakukan di Balai Desa Munjungan Kecamatan Munjungan Trenggalek oleh orang nomor 1 di jajaran Pemerintahan Kabupaten Trenggalek.

Pengambilan sumpah jabatan ini dilakukan oleh Bupati Trenggalek mengingat Kepala Desa Munjungan yang sebelumnya dijabat oleh Gunaryanto menyatakan mengundurkan diri. Pengunduran diri dari jabatan Kepala Desa Munjungan tersebut dilakukan karena hendak mencalonkan diri sebagai calon anggota DPRD pada Pemilu tahun 2019 mendatang.

Sesuai dengan peraturan KPU kepala desa aktif maupun perangkat desa yang hendak mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif diwajibkan melampirkan bukti surat keputusan pengunduran diri dari jabatannya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Trenggalek mengatakan bahwa untuk menghindari kekosongan jabatan kepala desa, seharusnya memang perlu adanya pergantian Penjabat. “Jabatan kepala desa memang seharusnya tidak boleh ada kekosongan. Sehingga tidak menggangu pelayanan terhadap masyarakat. Oleh karena itu, hari ini saya mengangkat dan melantik, Suhartono yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Kecamatan menjadi Penjabat Kepala Desa Munjungan sampai dengan Kepala Desa definitif terpilih dan dilantik nantinya, ” ucap Emil saat dikonfirmasi, Rabu (26/09/2018).

Emil menyampaikan pengangkatan penjabat kepala desa ini bukan hanya untuk kepentingan mengisi kekosongan jabatan belaka, melainkan untuk memastikan bahwasanya pelayanan terhadap masyarakat tetap berjalan dengan baik dan tidak terkendala.

Suami Arumi Bachsin ini berpesan kepada Penjabat Kepala Desa yang dilantik untuk menjalankan tugas sebagaimana pakta integritas yang telah ditandatangani bersama.

“Dalam proses penandatanganan pakta integritas tadi saya meminta kepada penjabat kepala desa Munjungan yang baru untuk membaca secara seksama isi janji integritas yang ditandatangani untuk sedapatnya dilaksanakan dengan baik kedepannya, “imbuhnya.

Selain itu dalam pelantikan tersebut Bupati Trenggalek berjanji kepada seluruh masyarakat Trenggalek khususnya Munjungan, akan mengawal proses pembangunan di Trenggalek hingga proses pelaksanaan Pilkades serentak pada bulan Februari tahun 2019 nantinya berjalan sukses tanpa terkendala.

Saat ini doktor lulusan Jepang ini telah memetakan fokus kebijakan strategis pembangunan sejak tahun 2016 hingga yang akan dikerjakan pada tahun 2019 nanti dan tentunya serius untuk mengawalnya.

“Saya juga menyampaikan bahwasanya Pemerintah Kabupaten Trenggalek telah mendapatkan penghargaan 99 Top Inovasi Daerah dari Kementrian PAN-RB, ” katanya.

Masih terang Doktor termuda ini, ada ribuan inovasi dari seluruh daerah yang ada dan Trenggalek menjadi salah satu yang terbaik, tentunya hal ini menjadi sangat membanggakan. (mil/ham)