Kopi Juwet Bercitarasa Unik Serta Berkhasiat Bagi Kesehatan Berasal dari Desa Bakalanpule Tikung Lamongan

LAMONGAN, KANALINDONESIA. COM: Bukan hanya terkenal dengan kulinernya, kini Lamongan punya kopi unik. Yakni kopi herbal yang berasal dari olahan biji buah juwet/buah jamblang, melalui tangan kreatif Nikmatus Sholikah (28) warga Dusun Sekargeneng Desa Bakalanpule Kecamatan Tikung berhasil menciptakan olahan kopi yang nikmat sekaligus sebagai minuman herbal karena mengandung banyak manfaat bagi kesehatan.

Dengan memanfaatkan potensi daerah setempat yang terkenal dengan keberadaan buah juwet serta dengan melihat manfaat lain dari buah juwet itu sendiri, Nikmah panggilan akrabnya bersama sang suami mencoba menciptakan kopi yang berasal dari olahan biji buah juwet.

“Ide awal menciptakan kopi juwet ini berawal ketika saya melihat biji buah juwet yang melimpah tapi terbuang dengan sia-sia dan banyak orang mengira tidak ada manfaatnya” ungkapnya saat ditemui disela-sela aktifitas proses pengolahan kopi juwet.

Tak hanya itu, Nikmah juga menjelaskan biji buah juwet dari hasil laboratorium ternyata memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, sehingga ibu satu anak ini mencoba berinovasi membuat olahan biji buah juwet menjadi kopi herbal yang sungguh nikmat terasa.

“Dari beberapa hasil lab, biji buah juwet banyak mengandung zat yang baik untuk kesehatan” tuturnya

Dengan olahan sederhana kopi dengan bahan biji buah juwet hasil karya Nikmah bisa menjadi sajian khusus bagi penikmat kopi. Penasaran dengan rasanya, anda bisa datang di Dusun Sekargeneng desa Bakalanpule Tikung Lamongan karena untuk pemasaran produk kopi juwet, Nikmah hanya memasarkan produknya lewat media online di sosial media yang ada.

“Untuk sementara pemasaran produk melalui media online, serta bekerjasama dengan badan usaha milik desa Bakalanpule kedepan semoga bisa semakin meluas” jelasnya

Kedepan Nikmah berharap produk inovasinya ini bisa diterima para penikmat kopi pada umumnya, sehingga tidak hanya bisa menjadi alternatif pecinta kopi sekaligus sebagai herbal obat alternatif bagi penderita penyakit tertentu dan juga bisa bernilai ekonomis bagi masyarakat sekitar.

Sementara itu Kepala Desa Bakalanpule melalui Sekretaris Desa, M. Firman mengatakan pihaknya sangat apresiasi dengan adanya inovasi kopi juwet tersebut, tak hanya itu pihaknya juga berjanji akan membantu dalam legalitas dan pemasaran produk hasil harya warganya.

“Dengan inovasi ini, kami pemerintah desa Bakalanpule akan berupaya membantu dalam hal legalitas dan pemasarannya sehingga bisa menjadi ekonomi kreatif bagi masyarakat desa Bakalanpule” pungkas M. Firman Sekretaris Desa Bakalanpule.

Jurnalis : Omdik / Ferry / Bisri

Editor. : Arso

Sumber. : Kanal Lamongan