Unair Bersama Wabup Lamongan Gelar Aplikasi tekhnologi Produksi dan Deteksi Penyakit Ikan serta Strategi Pemasaran Produk Perikanan di Paciran

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Hasil laut di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, selama ini memiliki potensi perikanan terbesar dan tertinggi dalam tingkatan produksi tangkapan ikan.

Sejak tahun 2013 silam, disektor perikanan menjadi salah satu penyumbang PAD terbesar di Kabupaten Lamongan.

Dari sektor inilah yang menjadi strategi utama Universitas AirLangga untuk memberi peningkatan mutu masyarakat, melalui sektor pemasaran hasil pengolahan perikanan kepada masyarakat Paciran.

Pada kesempatan Tim Pengabdian Masyarakat dari Universitas AirLangga Surabaya memberi pemaparan sekaligus pelatihan kepada masyarakat di Desa Banjarwati, Kecamatan Paciran, Jumat (28/9/2018).

Dalam acara ini dihadiri oleh Wadir 1 Unair Prop. Dr. Anwar Ma’ruf, Wadir 2 Dr. Dina Sunyowati, Ketua program Studi (KPS) S3 IEI Prof. Dr. Muslich Anshori, KPS S2 IEI Dr. Sri Herianingrum, KPS S2 Tekhno Bio Medik Dr. Suryani Diah Astuti beserta tim Pengabdian Masyarakat dari Universitas AirLangga Surabaya.

Acara yang dikemas dalam “Aplikasi tekhnologi produksi dan deteksi penyakit ikan serta strategi pemasaran produk perikanan” Sekolah Pascasarjanan Universitas Airlangga Surabaya, digelar di MI Mambaul Ma’arif Desa Banjarwati.

Selain itu, Tim Pengabdian Masyarakat juga memberi pengetahuan mulai strategi pemasaran prodak perikanan kelautan, Target Kosumen, Pengemasan, Penjualan Ikan Secara Online dan Diversifikasi Hasil Olahan.

Kagiatan yang diselenggarakan Unair tersebut disambut baik Pemerintah Lamongan oleh Wakil Bupati Dra. Hj. Kartika Hidayati. M,M. M,HP.

Dalam penjelasan Wabub Kartika memberi wawasan kepada masyarakat, mengenai bagaimana cara pengemasan yang baik agar mudah masuk ke dalam pasar global.

Sementara, Wabub Kartika yang juga menjabat sebagai Ketua IKI UA menyebut terbentuknya IKA UA Lamongan diharapkan bisa menjadi panji-panji satria Airlangga semakin jaya, terbentuknya jejaring alumni yang kuat yang bisa saling menguatkan satu sama lain, tetap menjaga semangat almamater (kompetensi, komitmen, karakter kuat dan menjalin jejaring), berkarya yang terbaik dan selalu posisioning dimana pun alumni bertugas sehingga bisa membawa nama harum universitas airlangga, dan yang terakhir ikut berusaha menjadikan airlangga sebagai kampus terbaik 500 sedunia.

Jurnalis : Omdik/ Ferry/ Bisri
Editor : Arso