Dapatkan Opini WTP dari Menteri Keuangan, Begini Ungkapan Bupati Trenggalek

TRENGGALEK,  KANALINDONESIA.COM: Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia telah diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur melalui Bupati Emil Elestianto Dardak yang diserahkan Gubernur Jawa Timur Soekarwo bertempat di Ruang Graha Wicaksana Praja Kantor Gubernur Lantai 8 Surabaya, Jum’at, (28/9/2018) pukul 13.30 WIB.

Konon, Pemkab Trenggalek telah berhasil menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2017 dengan capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), dari kementrian yang dipimpin Menteri Sri Mulyani ini.

Menerima penghargaan dari Menteri Keuangan tak lantas membuat Bupati Trenggalek cepat berbangga, masih banyak pekerjaan rumah yang mesti dikerjakan, walalupun dirinya tak bisa menutupi rasa harunya dikarenakan kinerja pemkab yang dipimpinnya telah diapresiasi pemerintah pusat.

“Bersyukur dan alhamdulillah kita dapat meraih lagi yang kini didapat dari Menteri Keuangan,”ucap Emil Dardak.

Doktor termuda jebolan Ritsumeikan University ini menyebutkan bawasannya komitmen menyajikan laporan keuangan yang baik dan akuntabilitas kepada publik merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Trenggalek yang tentunya sangat didukung oleh DPRD Trenggalek.

“Raihan ini juga hasil dari sinergitas antara kita dengan legislatif,” tuturnya.

Kabupaten Trenggalek dapatkan predikat WTP di dua tahun anggaran berturut-turut, tahun anggaran 2016 dan 2017. Dia menjelaskan dengan kembali meraih opini WTP itu , berarti pemerintah Trenggalek wajib terus memacu kinerjanya.

“Sekarang ini segala sesuatunya harus berbasis kinerja termasuk pengalokasian anggaran haruslah jelas alur dan penggunaannya,” terangnya.

Untuk itu, dia mengajak untuk terus berinovasi dari anggaran yang tersedia dan dialokasikan. Tentunya efek dari anggaran yang terserap pun juga harus menimbulkan dampak bagi arah pembangunan yang direncanakan.

“Jangan sampai anggaran yang dialokasikan tidak berbuah yang signifikan , apalagi malah dibelokkan ke yang lain,” tandasnya.

Harapan Bupati yang sedianya segera dilantik sebagai Wakil Gubernur Jatim ini, sinergi dan komitmen bersama DPRD Kabupaten Trenggalek terus terjalin sehingga akan mempercepat kemajuan Trenggalek yang dibarengi dengan pondasi ekonomi yang kuat di masyarakat.

“Jika kita bersama membangun dengan dewan, maka kemajuan kabupaten ini adalah nyata dan tidak memakan waktu yang lama,” pungkasnya. (ham)