131 Pamen Di Jajaran Kodam IV/Diponegoro Naek Pangkat

SEMARANG, KANALINDONESIA.COM:  Sebanyak 131 Perwira Menengah (Pamen) TNI – AD di jajaran Kodam IV/Diponegoro naik pangkat, sebagai penghargaan atas dedikasi dan prestasinya dalam melaksanakan tugas.

Pamen yang melaksanakan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi berjumlah 131 orang itu terdiri dari 5 Kolonel, 37 Letnan Kolonel dan 89 Mayor.

Kenaikan Pangkat itu, dilaksanakan melalui acara laporan Korps Kenaikan Pangkat Perwira Menengah (Pamen) Kodam IV/Diponegoro yang berlangsung di Aula Makodam IV/Diponegoro yang dipimpin Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, S.Sos. M.SI, Senin (1/10/2018).

Wuryanto mengatakan kenaikan pangkat Prajurit pada hakikatnya merupakan pengejawantahan penghargaan dari Angkatan Darat dan TNI atas dedikasi dan prestasi dalam melaksanakan tugas dan pengabdiannya kepada satuannya, kepada Angkatan Darat, TNI, bangsa dan negara.

Dengan kenaikan pangkat, lanjutnya, para prajurit diharapkan dapat mempersembahkan karya pengabdian yang lebih berkualitas seiring dengan pangkat yang disandangnya dan senantiasa berbuat dengan dilandasi oleh rasa tanggungjawab yang lebih besar.

Menurutnya, dengan dinamika tantangan tugas yang semakin kompleks,  maka kenaikan pangkat ini harus dapat dijadikan sumber motivasi dan inspirasi untuk memantapkan kejuangan dan idealisme sebagai perwira, memantapkan moralitas dan etika profesi keprajuritan.

Dengan demikian, dia menambahkan para perwira tidak mudah tergoyahkan oleh hal-hal yang dapat merugikan satuan dan citra diri sendiri serta terus berupaya untuk meningkatkan profesionalisme keprajuritan yang berbasis pada jatidiri TNI.

“Perwira harus tampil sebagai sosok panutan yang dapat dibanggakan bagi satuan dan anggota atau bawahan serta lingkungannya,” ujar Wuryanto

Hal itu, menurut Wuryanto, para perwira mampu mengaktualisasikan makna pangkat yang disandang dan jabatan yang diemban saat ini secara benar, baik terhadap diri para perwira maupun lingkungan dimana para perwira berada.

“Tanamkan dalam sanubari bahwa kenaikan pangkat hanya diberikan kepada prajurit yang berprestasi dan perwira yang pantas dan berhak menerimanya,” tuturnya.

Wuryanto juga mengucapkan terima kasih atas ketulusan ibu-ibu dan bapak-bapak sekalian dalam mendampingi suami/ isteri dan selalu mendorong semangat dalam mengemban tugasnya, sehingga diberikan kepercayaan oleh pimpinan dengan dinaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi.

Pamen yang dinaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya di antaranya Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Arh Zaenudin, S.H. M.Hum, Dandenmadam IV/Diponegoro Kolonel Inf Angkat Purbadi, Kasiopsrem 072/Pmk Kolonel Inf Hery Setiono, Kasipersrem 072/Pmk Kolonel Inf Riza Anom Putranto, S.I.P. M.Si dan Ketua Komite Medik Rumkit Dr. Soedjono Kolonel Ckm Dr. Drg. Puji Hartono, Sp.Ort. M.A.R.S.

Berkaitan dengan musibah gempa yang terjadi di Palu dan Donggala Wuryanto mengatakan Kodam akan memberikan bantuan dan jika sewaktu-waktu dibutuhkan siap mengirimkan pasukannya ke wilayah gempa tersebut.

“Untuk pasukan kita siap, TNI semuanya siap. Kita pasti siap kalau dibutuhkan, kita pasti akan kirim bantuan ke daerah gempa baik di Pau maupun Donggala,” ujarnya. (Ndi)