Sambut HUT TNI ke 73, Kodim 0812 Lamongan adakan Bakti Sosial Donor Darah

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM
Kodim 0812 Lamongan bersama Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar kegiatan donor darah dalam rangka menyambut peringatan HUT TNI ke- 73 tahun 2018. Kamis (04/10/2018).

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 04 Oktober 2018 mulai pukul 07.30 WIB sampai selesai dan diikuti sekitar 252 orang ini digelar di Makodim 0812 Jln. Panglima Sudirman No. 113 dengan penanggung jawab Lettu. Inf. Sobar Atnanto Pasi Ter Kodim 0812 Lamongan.

Dandim 0812 Lamongan, Letkol. Arh. Sukma Yudha Wibawa mengatakan Kegiatan donor darah sebagai wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat dan komitmen TNI dalam memberikan sumbangsih kepada sesama yang membutuhkan pertolongan. Selain itu, juga untuk meningkatkan rasa persaudaraan antar sesama.

“Dengan setetes DARAH kita yang kita donorkan,berarti untuk NEGERI, dan
Terima kasih atas partisipasi rekan-rekan yang dengan ikhlas menyumbangkan darahnya untuk sesama.“ ujar Dandim 0812 Lamongan Letkol. Arh. Sukma Yudha Wibawa yang juga menjabat sebagai DanSubGar 0812 Lamongan ini.

Selain itu Dandim 0812 juga menjelaskan tujuan dari Kegiatan Donor Darah juga merupakan kegiatan sosial untuk menolong sesama manusia, meskipun hanya setetes darah, itu sangat bermanfaat bagi yang memerlukannya guna menjaga kelangsungan hidup antar sesama dan lebih dari pada itu.

“Bahwa kegiatan ini juga bermanfaat untuk memelihara dan mempertahankan kesehatan bagi mereka yang mendonorkan darahnya. Disamping itu kegiatan donor darah ini merupakan sesuatu kegiatan yang mulia demi kemanusiaan tanpa memandang segala perbedaan baik agama dan kepercayaan, golongan, suku bangsa, warna kulit maupun perbedaan jenis kelamin, ” tandas Dandim 0812.

Kegiatan sosial dalam rangka menyambut HUT TNI ke- 72 ini dihadiri langsung oleh, “Letkol. Arh. Sukma Yudha Wibawa Dandim 0812

Lamongan, Mayor. Inf. Suko Edi Winarto Kasdim 0812 Lamongan, Para Pasi dan
Danramil Jajaran Kodim 0812 Lamongan, Ibu Sukma Yudha Wibawa Ketua Persit KCK Cabang XXVII Dim 0812/Lamongan beserta pengurus, dr. Murrod Ketua PMI Lamongan, Anggota jajaran dan PNS Kodim 0812 Lamongan, Perwakilan Anggota Sub Denpom V/2-3 Lamongan, Perwakilan Anggota Sub. Gartap V/2-3 Lamongan, Perwakilan Anggota Polres Lamongan, Perwakilan dari FKPPI, SMA Panca Marga, serta anggota IPSI.

Sementara itu, dalam kesempatan serupa dr. Murrod Kepala PMI Kabupaten Lamongan menjelaskan, sebelum pendonor melakukan donor darah, terlebih dahulu akan diperiksa kondisi kesehatan, golongan darah, tensi tekanan darah dan termasuk masa waktu pendonor untuk mendonorkan kembali.

“Hal ini dilakukan guna menjaga kesehatan pendonor dan mencegah resiko penularan penyakit kepada penerima darah nantinya, ” pungkasnya.

Jurnalis : Omdik / Ferry / Bisri

Editor. : Arso