Tekan Angka Kecelakaan, Satlantas Sumenep Adakan Sosialisasi di Unija

SUMENEP,  KANALINDONESIA. VOM: Bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas, Polres Sumenep Melalui Satuan Lalu Lintas (Satlantas) bersama BEM Universitas Wiraraja gelar kegiatan ‘Satlantas Peduli Mahasiswa Tertib Berlalu lintas’. Ditempatkan di Aula Kampus Unija Jum’at, (05/10/2018)

Tampak pihak kampus sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, terlihat dengan banyaknya pihak kampus yang hadir memenuhi Ruang Aula Unija. Diantaranya, Doktor Saifur Rahman SH.C.NMH (Rektor Unija), Moh. Harun STMT (Pembantu Rektor 1), Dedi arfianto Se MM (Pembantu Rektor 3), Anas Safii (Presma), Dan Ketua Bem Bersama Mahasiswa UNIJA.

Secara simbolis giat tersebut dibuka oleh Saifur Rahman, yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Kompol Sutarno S. Sos, Wakapolres Sumenep. Dalam sambutannya beliau menjelaskan, penyebab laka lantas biasanya terjadi karena ada pelanggaran lalu lintas, pengemudi kurang mematuhi etika berlalu lintas. Oleh karena itu sangatlah penting penerapan etika berlalu lintas dalam kehidupan kita.

AKP Inggit Prasetiyanto, Kasatlantas Polres Sumenep, yang juga sebagai pemateri dalam giat tersebut menjabarkan, untuk wilayah Sumenep, sebagian besar laka lantas ditimbulkan akibat ‘human eror’. Hal tersebut jadi bukti nyata, bahwa masyarakat masih kurang memahami akan pentingnya etika dan tertib untuk berlalu lintas.

Kasatlantas juga menjelaskan tentang tata cara berkendara yang baik dan benar, dan disinggung tentang SIM, beliau menegaskan, dalam proses Pembuatan SIM, ada berbagai tahap tes. Salah satunya adalah tes praktek berkendara, itu bertujuan untuk mengetahui mampu atau tidaknya pemohon untuk berkendara yang baik dan benar.

“Saya himbau bagi para pengguna jalan raya, hilangkan ke egoisan, tidak ugal-ugalan, patuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada, dan jangan mengemudi dibawah pengaruh alkohol atau obat,” tegasnya.(Ziad)