Bupati Emil Dardak Inginkan TNI Makin Dewasa

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Bupati Trenggalek , Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak mengharapkan dengan usia yang ke  73 tahun, tepat pada 5 Oktober Tahun 2018 ini ,  membuat Tentara Nasional Indonesia (TNI) semakin bertambah dewasa. Karena  73 tahun bukanlah waktu yang pendek, melainkan waktu yang cukup panjang dalam menjalankan tugas pokok menjaga kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

Hal ini dikatakannya saat bertindak sebagai Inspektur upacara dalam peringatan HUT ke-73 TNI, di halaman Makodim 0806 Trenggalek.

Menurutnya,  dengan usia yang cukup dewasa ini, TNI dituntut keprofesionalitasnya dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi untuk rakyat sesuai dengan tema yang diusung dalam peringatan HUT ke-73 TNI di tahun 2018 ‘Profesionalisme TNI Untuk Rakyat’.

Emil Dardak menyampaikan pengiriman personil dan alusista dalam penanganan berbagai bencana di Tanah Air, seperti gempa dan tsunami di Palu dan Donggala merupakan salah satu bentuk wujud keprofesionalitasan TNI.

“TNI harus bisa belajar dari perjalanan masa lalu, mencermati perkembangan masa kini dan memperhatikan tantangan-tantangan di masa mendatang dengan terus mentransformasi diri menjadi kekuatan militer profesional, handal dan kapabel dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman dan gangguan,” ungkap bupati yang sebentar lagi dilantik sebagai Wakil Gubernur Jatim mendampingi Khofifah Indar Parawansa ini.

Selain profesional, masih lanjut Emil Dardak,  TNI juga dituntut netralitasnya utamanya dalam menjaga jalannya pesta demokrasi yang akan berlangsung dalam menjaga persatuan dan kesatuan serta keutuhan kedaulatan bangsa dan negara.

“Garda terdepan menjaga NKRI ada di tangan TNI kita,” tandasnya.

Begitu juga kesuksesan dalam mengamankan Pilkada serentak tahun 2018 ini, dapat dijadikan sebagai batu pijakan bagi TNI dalam  mengamankan Pemilu Presiden dan Legislatif yang akan diselenggaran tahun 2019 nanti.

“Sukses tahun politik di depan, peran TNI juga sangat berpengaruh,” ungkapnya.

Dia memiliki harapan ke depan terhadap TNI, apalagi memasuki usai ke 73 tahun. TNI bisa lebih profesionalisme dalam menjalankan tugasnya.

“Sesuai jargonnya, terus profesionalisme dan selalu terdepan dalam menjaga kedaulatan bangsa, termasuk membangun sinergitas untuk kepentingan masyarakat,” pungkasnya.(ham)

WELAS ARSO