Seorang Pemuda Dikeroyok Hingga Tewas, Polisi Berhasil Amankan Satu Tersangka

salah satu pelaku yang berhasil diamankan Polisi

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM:  :Warga Desa Curahmalang, Kecamatan Sumobito pada hari Senin (8/10) pagi, mendadak gempar. Hal ini terjadi usai ditemukannya sesosok mayat berjenis kelamin pria yang tergeletak di pinggir jalan area kebun tebu setempat.

Diketahui indentitas mayat diketahui bernama M Abdul Choir (28), warga Dusun Sidokampir Desa Budugsidorejo Kecamatan Sumobito. Terdapat luka pada kepala bagian belakang. Namun demikian polisi belum memastikan penyebab kematiannya.

“Saya dapat telepon, dari rumah Prajuritkulon Kota Mojokerto langsung meluncur ke TKP (Tempat Kejadian Perkara). Setelah di TKP memang ada mayat terlentang, ada kayu, ada sepeda motor. Perkiraan korban pembunuhan. Ada luka di bagian belakang kepala, kayunya ada darahnya,” kata Zaenal (49) salah seorang anggota kelompok relawan usai membantu evakuasi jasad korban.

Sementara itu, Kapolsek Sumobito AKP M Agus menambahkan, dari TKP turut diamankan sepeda motor korban jenis matik bernopol S 3499 ZO serta sejumlah kayu berlumuran darah.

“Jadi ada laporan dari lurah Curahmalang kalau ada orang meninggal di pinggi jalan kebun tebu. Kita datangi, mayat dalam posisi terlentang, kelihatannya ada luka di kepala. Sedangkan motornya berada di sampingnya. Korban kami evakuasi ke RSUD Jombang,” ungkap AKP Agus.

Ditanya lebih dalam adanya dugaan kekerasan yang dialami korban sebelum ditemukan tewas, Kapolsek mengaku belum bisa memastikan. “Ini kita bawa ke rumah sakit agar tahu (penyebabnya). Sementara masih dalam lidik,” pungkas Agus.

Tidak berselang lama tim Satuan Reserse Kriminal Polres Jombang (Satreskrim) Polres Jombang berhasil mengungkap kasus tewasnya M Abdul Choir (28), warga Dusun Sidokampir Desa Budugsidorejo Kecamatan Sumobito.

Dari sini, polisi mengamankan satu orang pelaku berinisial AF (17), warga Dusun Tegalan Desa Curahmalang Kecamatan Sumobito.

“AF kami amankan Senin (8/10) sekitar pukul 14.00 WIB di Gayungsari Surabaya,” kata Kasat Reskrim Polres Jombang AKP Gatot Setyo Budi.

Menurut penjelasan Gatot, dikathui bahwa motif penganiayaan yang menyebabkan Abdul Choir (28), warga Dusun Sidokampir, Desa Buduksidorejo, Kecamatan Sumobito, Jombang.

Permasalahannya cukup sepele, para pelaku tersinggung lantaran korban dan rombongannya menggeber motor (bleyer) saat melintas di Jalan Raya Curahmalang. Pelaku kemudian mengeroyok korban dengan memukulinya menggunakan dahan pohon. Setelah tak berdaya, korban dibuang di kebun tebu sekitar lokasi.

“Jadi motifnya pelaku tersinggung karena korban bersama rombongan membleyer sepeda motor saat melintas di jalan Desa Curahmalang. Pengakuan pelaku seperti itu,” tegas Gatot.

Lanjut Gatot, peristiwa berdarah itu terjadi pada Senin (8/10/2018) pukul 01.00 WIB. Saat itu para pelaku sedang menjaga portal di sebelah barat dan timur Jl Raya Curahmalang. Karena jalur yang menghubungkan antar kecamatan tersebut sedang dicor.

Rombongan korban yang berjumlah sekitar 6 orang melintas sembari membleyer sepeda motor yang mereka kendarai. Dari situlah, emosi para pelaku yang berjunlah sekitar delapan orang terpantik. Mereka langsung menghadang korban dan kawan-kawannya. Ironis bagi Abdul Choir, dia tertangkap dan dipukuli beramai-ramai hingga menghembuskan nafas terakhir.

Jasad Choir baru ditemukan pukuk 06.00 WIB dan dilaporkan polisi. Petugas langsung melakukan penyelidikan. Mengumpulkan barang bukti serta meminta keterangan saksi.

“Sedangkan tujuh pelaku lainnya masih buron. Namun demikian, kita sudah mengantongi identitas mereka. Kami berharap para pelaku yang kabur segera menyerahkan diri,” kata Gatot mengimbau.

Selain menangkap AF, polisi juga menyita sejumlah barang bukti. Diantaranya, satu unit sepeda motor Yamaha Mio Soul nopol S 3499 ZO, empat batang kayu yang terdapat bercak darah, serta sandal dan pakaian korban.

“Pelaku dijerat pasal 170 KHUP tentang penganiayaan secara bersama-sama di depan umum hingga menyebabkab hilangnya nyawa. Ancamannya hukuman 12 tahun penjara,” pungkas Gatot.(elo)