Sikap Disiplin Dipegang Teguh Jajaran Polres Trenggalek

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Polres Trenggalek, Jawa Timur, tetap berpegang teguh dalam menjaga Kamtibmas, dengan menerapkan standar disiplin tinggi terhadap setiap anggotanya. Diharapakan sikap disiplin ini sudah tertanam sejak masuk pendidikan hingga bertugas di kesatuan wilayah seperti di Resort Trenggalek.

Kapolres Trenggalek AKBP Didit bambang Wibowo S, S.I.K., M.H. saat mengambil apel pagi di halaman Mapolres Trenggalek, mengatakan dari perilaku, pelaksanaan tugas hingga penggunaan seragam dinas harus  diatur detail. Jika ada yang melanggar, sudah barang tentu ada sanksi yang menanti.

“Sikap disiplin ini, salah satunya tercermin dari Apel yang digelar setiap akan memulai maupun mengakhiri tugas. Dalam Apel inilah setiap personel di cek keberadaan, kerapian sampai soal rencana tugas kedepan sekaligus sebagai media kontrol,” tegasnya, Kamis (11/10/2018).

Selain menyampaikan perkembangan situasi terkini, perwira menengah alumni Akpol tahun 2000 ini melakukan pemeriksaan kepada seluruh perserta apel. Didampingi pejabat utama, AKBP Didit mengecek satu persatu tiap satuan terkait keberadaan personel sekaligus memeriksa sikap tampang dan kerapian serta penggunaan gampol anggota.

“Setiap anggota yang tidak hadir di cek kembali apakah ada surat perintah tugas atau tidak. Jika tanpa alasan akan ditindak lanjuti oleh Sipropam,” tegasnya.

Diterangkannya pula, sanksi dari yang teringan seperti teguran tertulis, penempatan dalam tempat khusus hingga pemberhentian dengan tidak hormat (PTDH).

“Semua ada proses dan mekanismenya sesuai dengan peraturan pemerintah Nomor 2 Tahun 2003 tentang Peraturan Disiplin Anggota Polri,” imbuhnya.

Masih kata AKBP Didit, pengecekan personel secara mendadak tersebut bertujuan untuk meningkatkan disiplin dan etos kerja menuju Polri profesional selaras dengan motto Promoter yang digaungkan saat ini. Muaranya adalah meningkatnya kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Etos kerja yang dilandasi dengan disiplin tinggi akan berpengaruh positif pada peningkatan pelayanan. Outcomenya, tingkat kepuasan dan kepercayaan publik akan meningkat pula,” katanya

Disinggung tentang hasil pengecekan tersebut, AKBP Didit menuturkan, dari keseluruhan personel yang hadir dalam kondisi lengkap. Sedangkan sikap tampang personel bisa dikatakan baik dan rapi. Demikian pula penggunaan Gampol (Seragam Polisi) sudah sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Semua lengkap. Ada beberapa yang tidak hadir namun sudah dilengkapi dengan surat perintah tugas dan sudah di cek tadi memang benar-benar ada tugas dari satuannya,” pungkasnya.(ham)