Nuruddin Warga Pasean Pamekasan Di Sumpah Pocong, Diduga Memiliki Ilmu Santet

PAMEKASAN,KANALINDONESIA.COM: Dituduhkan mempunyai ilmu santet, seorang warga bernama Nuruddin, warga Desa Sanah Tengah, Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan, terpaksa menjalani sumpah pocong. Ritual ini dilakukan untuk membuktikan bahwa dirinya tidak mempunyai ilmu santet sebagaimana dituduhkan warga setempat.

Pelaksanaan sumpah pocong yang dilakukan di Masjid Madegan, Kelurahan Polagan, Kecamatan Kota Sampang tersebut berjalan dengan kondusif.

Kepala Desa Sanah Tengah Ach Jailani mengaku, sebelumnya pihaknya sudah mengupayakan mediasi. Namun karena kedua pihak sama-sama ngotot dan belum bisa menemukan solusi, sumpah pocong terpaksa dilakukan

” Sumpah Pocong Terpaksa dilakukan karena rupanya itu sudah menjadi pilihan terakhir untuk menyelesaikan masalahnya,” tutur Jailani saat dihubungi melalui media Whatshapp, Jum’at (12/10).

Jailani menambahkan, Nuruddin dituduh Asmi (tetangga Nuruddin) memiliki ilmu santet, setelah bapak serta anaknya (Asmi) jatuh sakit hingga meninggal dunia. Ia juga menegaskan, bahwa sumpah pocong memang menjadi pilihan terakhir terkait isu-isu seperti santet dan ilmu hitam lainnya karena ingin desanya tenteram dan aman.

“Karena efek dari sumpah pocong bagi yang bersangkutan bila memang bersalah bisa fatal, hampir di luar nalar manusia,” pungkasnya.

Pada pelaksanaan sumpah pocong itu, sebelumnya Nuruddin membantah dengan tegas kalau dirinya punya ilmu santet.

“Saya berani melakukan sumpah pocong karena memang saya tidak punya ilmu hitam seperti yang diisukan warga,” ujarnya setelah melakukan prosesi sumpah yang dikeramatkan warga di Madura tersebut. (Nang/Ifa).