Tipuan CPNS Kapala Dusun Rejosari di Lamongan Berakhir Ditangan Polisi

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM: Sudarno (45) seorang oknum Kepala Dusun (Kasun) Rejosari, Desa Gondanglor, Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan berhasil diamankan Kepolisian Resort Lamongan atas dugaan kasus penipuan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

 

Kasat Reskrim Polres Lamongan AKP Wahyu Norman Hidayat, S.H., S.I.K saat pres release di Mapolres Lamongan mengungkapkan jika pelaku berhasil memperdayai 2 orang korban yakni S-S (30), warga Desa Pangkatrejo, dan MJ (38), warga Desa Bakalan, Kecamatan Sugio, yang keduanya telah di janjikan akan dimasukkan sebagai PNS tanpa jalur tes dengan syarat membayar sejumlah uang pelicin hingga ratusan juta rupiah. Namun setelah ditunggu hingga 7 tahun janji itu tidak kunjung ditepati.

“ Pelaku ditangkap tadi malam dan langsung ditahan setelah diperiksa hingga dini hari,” Jelas Kasat Reskrim Polres Lamongan AKP Wahyu Norman Hidayat, S.H., S.I.K kepada awak media.

Selanjutnya Kasat Reskrim AKP Norman menambahkan, atas ulah tersangka para korban mengalami kerugian diantaranya, masing-masing korban ada yang 85 juta rupiah dan yang satu lagi 150 juta rupiah.

“Sementara pengakuan tersangka baru ada dua korban tapi untuk kemungkinan adanya korban lain kita masih lakukan pengembangan,” tutur AKP Norman.

Dalam melakukan aksinya, pelaku bekerja sama dengan rekannya, Akhwan, yang merupakan PNS dari Dinas Perhubungan Kabupaten Lamongan, yang sudah ditahan dalam kasus yang sama.

Dalam penangkapan itu, polisi mengantongi sejumlah alat bukti kwitansi yang tercantum jumlah uang dan ditandatangani oleh Akhwan yang diberikan kepada korban saat transaksi penyerahan uang.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 378 KUHP tentang Penipuan dengan ancaman hukuman 4 (empat) tahun penjara.

“Pelaku terancam dikenakan pasal 378 dengan hukuman maksimal 4 tahun penjara. Sementara itu kami menghimbau kepada masyarakat agar tidak mudah percaya dengan oknum-oknum yang menjanjikan bisa memasukkan PNS dengan mudah. Apalagi saat ini waktunya penerimaan CPNS,” tegas AKP Norman.

Jurnalis : Omdik / Ferry / Bisri

Editor.    : Arso