Danrem 081 / DSJ Kunjungi Lokasi TMMD ke-103 di Desa Kalipelus, Kebonagung Pacitan

PACITAN, KANALINDONESIA.COM: Komandan Korem 081/Dhirotsahajaya
Kolonel Inf Masduki, SE, M.Si (Danrem 081 / DSJ) kunjungi lokasi TMMD ke-103 di Desa Kalipelus Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan dengan didampingi Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang Dandim 0801/ Pacitan ,Bupati Pacitan Indartato,Wakapolres Pacitan Kompol Hendry Soelistiawan dan jajaran Forkompimda serta jajaran Forkompimcam ,pada Senin 15/10/2018.

Tujuan dilaksanakannya TMMD ke-103 tahun 2018 adalah menumbuhkan semangat gotong royong dan kemanunggalan TNI rakyat dan memberikan kemudahan akses jalan dari Desa Kalipelus menuju pantai Pangasan Kecamatan Kebonagung.

Tak hanya itu saja, sasaran TMMD lainnya meliputi pekerjaan ” rabat jalan kiri kanan dengan panjang 84 meter dan lebar jalan 3 meter sedangkan ketebalan rabat 12 centimeter. Sedangkan pengerjaan talud panjang 150 meter, ukuran tinggi 2,5 meter dan ketebalan 30 centimeter, dan pembuatan gorong gorong dengan diameter 60 centi meter di 4 titik lokasi.

Selain itu, ada juga renovasi Masjid Baitul Huda di Dusun Bibit Desa Kalipelus, renovasi RTLH milik Mbah Darmi Rt.07.Rw.03 Desa Kalipelus serta pembangunan gapura masuk wisata pantai Pangasan.

Dalam pelaksanaan TMMD ke-103 tahun 2018 ini melibatkan di 150 orang yang terdiri dari ” Kodim 0801/ Pacitan sebanyak 18 personil, Yon Armed 12/2/ Kostrad 30 personil, Yon ko Paskhas 463 TNI AU 30 peraonil dan gabungan jajaran Korem 081/DSJ 30 personil serta Tim Teknis satuan jajaran Korem 081 / DSJ 5 personil,Tim teknis Zipur -5/ABW 5 peraonil, Bintalrem 2 personil, Tim Kesrem 3 personil, Tim Penrem 2 peraonil. Sedangkan dari jajaran Polres Pacitan 10 personil, Pemkab Pacitan 10 orang lalu Ormas atau LSM sebanyak 5 orang.

Dalam sambutannya pembukaan TMMD ke-103 tahun 2018 ini, Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang Dandim 0801 Pacitan, mengatakan ” Kita sangat bangga dan terima kasih kepada Danrem 081 DSJ, meski beliau baru namun menyempatkan untuk berkunjung di Kodim 0801 Pacitan. Sedakan untuk kondisi personil Kodim 0801 Pacitan dari 272 personil yang tinggal di Pacitan hanya 61 orang, namun semua itu tidak menjadi hambatan dan alasan untuk melaksanakan tugas sehari hari sebagai TNI,” sambutnya.

Usai itu, dalam pengarahan Kolonel Inf Masduki Danrem 081 DSJ saat di Gedung Sudirman Kodim 0801 Pacitan, menjelaskan ” momen ini dalam rangka mengikuti kegiatan TMMD ke 103 Tahun 2018 yang merupakan program TNI, saat banyak yang sudah kita kerjakan dengan membuat MCK, Jalan, Gorong Gorong, Rehap rumah dan bidang lainnya,” jelasnya.

Masih menurutnya, untuk bidang Intel pelanggaran ( laka lalin,narkoba, werving, desersi dan asusila ) di Pacitan nihil, ini merupakan hal yg sangat baik. Dengan jumlah Personil Kodim 0801 yang hampir 80 ℅ dari luar itu sebetulnya sangat rawan dgn pelanggaran anggota, namun apabila bisa membawa jati diri, saya yakin tidak akan terjadi pelanggaran tolong dan harus pertahankan kondisi ini,” ucapnya.

Danrem 081 DSJ juga berpesan ” Terkait Werving Jangan sampai anggota menjadi calo werfing, itu sangat berbahaya dan itu merupakan pembohongan ” lalu terkait laka lalin, saya tekankan jangan sampai anggota kita menjadi korban non tempur, mari kita jaga keluarga kita masing2. Sedangkan dengan desersi,saya minta Kodim Pacitan dipertahankan,dan jangan ada yang desersi,” itu pesannya.

Selain itu, Danrem menambahkan ” pada bidang operasional, mari kita jaga kekompakan dengan Polri dan Instansi lainya serta ikut membantu mengamankan pelaksanaan Pemilukada. Seluruh Anggota TNI jaga netralitas TNI, pegang dan baca buku netralitas TNI dalam Pemilu 2019 nanti. Begitu juga terkait kesejahteraan pengajuan pangkat, jabatan adalah tugas Kasi Pers, mari kita syukuri semua yang ada,mari kita bekerja sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing masing. Lalu pada bidang logistik, kita ciptakan peluang untuk mendapatkan hasil tanam-tanaman yang menghasilkan disekitar lingkungan kita,seperti buah buahan, sayuran dan lainya,” ulasnya

Yang lebih terpenting lagi, Danrem 081 DSJ menegaskan ” kepada jajaran teritorial untuk menjaga semua inventaris Satuan dengan baik seperti ” Sepeda motor, mobil, senjata dan lainnya ” pelaksanaan dalam kegiatan yang baik di masyarakat dengan berpedoman sapta marga dan 8 wajib TNI dipahami dan dipedomani oleh seluruh anggota. Pembekalan kami berharap pelajari dengan baik kegiatan ini,karena saya yakin nanti anggaranya akan turun,” tegasnya.

Disesi sambutannya, Danrem 081 DSJ juga berpesan kepada Ibu Persit untuk mengurus suami dan menjaga anak-anaknya dengan baik. begitu juga atur waktunya yang baik, dukung suaminya agar tetap semangat dalam bertugas. kami juga berpesan jangan sampai keluarga dan anak anak kita terkena narkoba, apalagi bapaknya, karena apabila sdh terkena keluarganya akan hancur,” itu pesannya kepada ibu persit.

Diakhir sambutan, Danrem 081 DSJ juga berpesan ” semua pekerjaan apabila dikerjakan dengan gotong royong, kerja sama dan semangat saya yakin akan ringan dan membuahkan hasil yang baik,” pungkasnya.

Usai itu, Danrem 081/DSJ beserta Ibu dan rombongan melanjutkan kunjungan kerja menuju Kodim 0802 /Ponorogo.(Bc)