Polres Trenggalek Siap Amankan Pemilu 2019

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Kepala Kepolisian Resort Trenggalek, Jawa Timur, AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H. menjadi salah satu narasumber dalam acara Sosialisasi Tahapan Pemilu tahun 2019 bersama Calon Anggota DPRD Kab. Trenggalek yang diselenggarakan oleh KPU Trenggalek di Hall Majapahit Hotel Hayam Wuruk Trenggalek. Selasa, (16//10).

Dalam kesempatan tersebut, AKBP Didit memaparkan tentang kesiapan dan strategi Polri dalam mengamankan Pemilu 2019 yag didahului dengan penjelasan kondisi terkini dalam aspek asta gatra.

“Mendekati hari H pemilu 2019, suhu perpolitikan nasional semakin meningkat  kondisi ini akan membawa ppengaruh pada tingkat kerawanan gangguan Kamtibmas di daerah,” ujar AKBP Didit.

Kerawan lain, masih kata AKBP Didit adalah persaingan dan kontenstasi politik yang menggunakan kecanggihan teknologi seperti cyber war. Keberadaan media sosial turut memberi andil atas meningkatnya gangguan Kamtibmas yang berpotensi dan berkembang menjadi konflik sosial.

“Seperti kita ketahui bersama, saat ini banyak bertebaran berita-berita hoax, ujaran kebencian baik berupa tulisan, gambar maupun video, mengangkat isu Sara dan provokasi ataupun adu domba. Ini yang harus menjadi perhatian kita bersama,” imbuhnya.

Selain itu, gesekan antar pendukung, relawan yang terlalu bersemangat dengan mengeluarkan statemen provokatif maupun kampanye tanpa pemberitahuan kepada pihak Polri dan black campaign juga menjadi prioritas jajarannya.

“Oleh sebab itu, dibutuhkan komitmen kuat dari semua stakeholder untuk saling menahan diri, menjaga kerukunan dan berkampanye damai sehingga masyarakat merasakan euphoria Pemilu sebagai sebuah kegatan 5 tahunan yang menyenangkan dan penuh suka cita,” pungkas AKBP Didit.

Selain Kapolres, bertindak sebagai narasumber lainnya adalah Bupati Trennggalek Dr. Emil Elestianto, M.Sc., Ketua KPU, Kasi intel Kejari, Pasi Intel Kodim 0806, Kasat Reskrim dan Humas KPU Trenggalek. Acara dihadiri oleh 227 orang Calon anggota legislative dari 14 parti peserta pemilu se Kabupaten Trenggalek.(ham)