Anggota DPR RI Fadholi Salurkan 84 Alat Mesin Pertanian Untuk Kelompok Tani

Anggota DPR RI Fadholi secara simbolis memberikan alat mesin pertanian kepada ketua kelompok petani.

KENDAL – KANALINDONESIA.COM

Anggota Komisi IV DPR RI, Fadholi menyerahkan bantuan aspirasi alat mesin pertanian (Alsintan) sebanyak 84 unit untuk Kelompok Petani di Kendal, Kamis (18/10/18).

Penyerahan alat mesin pertanian secara simbolis kepada ketua kelompok tani dari beberapa kecamatan di Kabupaten Kendal yang dilakukan di Aula Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal.

Anggota Komisi IV DPR RI Fadholi mengatakan, alat yang diberikan sesuai dengan kebutuhan petani, yakni berupa traktor, mesin penanam padi dan pompa air.
Traktor dan mesin penanam padi dibutuhkan karena, selain sulit menghemat waktu juga dapat menghemat biaya. Pompa air juga sangat dibutuhkan di saat musim kemarau panjang.
“Sawah dibajak dengan tenaga orang, dengan biaya per hektarnya membutuhkan Rp 4,5 juta, tapi jika menggunakan mesin traktor, maka petani hanya mengeluarkan biaya Rp. 700 ribu, sehingga para petani dapat mengemat biaya sebesar Rp. 3,750 juta per hektarnya,”ungkapnya.
Fadholi meminta agar bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan untuk seluruh anggota kelompok tani dan harus diperlihara supaya bisa awet atau tahan lama dan jangan sampai hilang.
“Kami memberikan alat ini tidak boleh hanya untuk ketua dan sekretaris, namun dapat digunakan untuk semua anggota kelompok tani. Jika alat ini hilang maka tahun berikutnya tidak bisa mendapatkan alat lagi,”tandasnya.

Dikatakan, selain alat mesin pertanian, dirinya juga akan memberikan bantuan lain yang berupa perbaikan irigasi.

Ia merasa bahwa saat ini masih banyak irigasi yang kondisinya rusak. Bantuan perbaikan irigasi sudah dilakukan sebanyak 20 titik dan ke depan masih tetap diupayakan sekitar 20 sampai 25 titik.

“Penginnya dapat diperbaiki semua, mengingat terbatasnya anggaran maka dilakukan secara bertahap. Selagi Saya masih menjadi anggota DPR RI, aspirasi akan selalu diberikan kepada masyarakat khususnya untuk petani supaya petani sejahtera,”katanya.

Sementara Ketua Kelompok Tani Pandansari Desa Pesawahan, Pegandon Edy Susanto mengatakan, bantuan mesin pompa air sangat dibutuhkan, karena daerahnya selalu kesulitan air di saat musim kemarau.
“Dengan adanya bantuan mesin pompa air ini sangat membantu petani ketika musim kemarau yang sebagian besar petani mengalami kesulitan air,”katanya.(eko)