Tingkatkan Partisipasi Warga Dalam Pemilu 2019, KPU Lamongan dan PPK Karanggeneng Datangi Petani Semangka

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM: KPU Kabupaten Lamongan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memastikan diri sudah terdaftar dalam daftar pemilih untuk Pemilu tahun 2019 melalui Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP), serentak pada Rabu (17/10/2018).

Salah satu anggota KPU Kabupaten Lamongan, Dewi Maslahatul Ummah saat ditemui Kanalindonesia.com mengatakan, gerakan itu selain memastikan pemilih terdaftar, pihaknya juga menargetkan untuk menambah DPT dengan memasukkan data yang sudah memenuhi syarat.

“Selain gerakan melindungi hak pilih, kita memang diminta untuk pertama memasukkan pemilih yang baru. Yang kedua memperbaiki data misalkan tadi ada perbedaan nama, enggak sesuai dengan data si pemilih. Yang ketiga misalnya ada data yang ganda ya harus dihapus,” ujar Dewi saat di Desa Latukan Kecamatan Karanggeneng, Rabu (17/10/2018).

Dimulai dari Desa Banjarmadu, anggota KPU yang didampingi anggota PPK Karanggeneng serta beberapa PPS di wilayah Kecamatan Karanggeneng tersebut melaksanakan sosialisasi pada masyarakat dengan penuh keakraban. Kegiatan ini langsung mendekati komunitas masa yang berada di tempat-tempat yang biasa masyarakat berkumpul. Seperti di Desa Banjarmadu, penyelenggara Pemilu tersebut mendatangi sebuah warung kopi sedangkan di Desa Latukan langsung bertemu dengan para petani semangka.

Sementara itu, Ketua PPK Karanggeneng, Azis Susanto mengatakan setelah GMHP dilancarkan, pleno penetapan DPT hasil perbaikan kedua akan dilakukan di tingkat desa dan kecamatan. Pada tanggal 9 – 11 November 2018, pleno akan dilaksanakan untuk tingkat kabupaten. Selanjutnya pleno terkait DPT akan dilakukan di tingkat nasional.

“Kalau di tingkat nasional untuk tahapan yang ini tanggal 15 November. Di Kabupaten Kota tanggal 9 – 11 November, fix dalam arti kalau enggak ada perubahan lagi,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, anggota PPK Karanggeneng dan KPU Kabupaten Lamongan di Desa Latukan membaur dengan petani semangka bahkan sempat ikut memindah buah milik seorang pedagang.

Jurnalis: omdik/ferry/bisri

Editor : Arso