Bawaslu Trenggalek Rapat Kordinasi Stakeholfer Pengawasan Pemilu Tahun 2019

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Bawaslu Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur butuh menyamakan persepsi langkah-langkah dalam pengawasan Pemilu dan Pilpres tahun 2019 mendatang.

Untuk itu lembaga pemilu ini menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan tema “Rapat Kordinasi Pengawasan Pemilu dengan Stakeholder, dalam rangka pemilihan legeslatif pemilu tahun 2019”, Kamis (25/10/2018) bertempat di Hotel Hayam Wuruk Jl Soekarno Hatta no 20.

Tak tangung-tanggung tiga pemateri dari stakeholder hukum dihadirkan guna memberikan langkah hukum, gugatan terhadap pesta demokrasi yang akan digelar nanti diantaranya AKP Sumi Andana Kasatreskrim Polres Trenggalek,  Kasipidum Kejari Trenggalek Ario Dewanto dan  Kasatintelkam Polres Trenggalek AKP Katimun.

Ketua Bawaslu Kabupaten Trenggalek, Ahmad Rokhani, mengatakan rapat koordinasi dilaksanakan dengan maksud sebagai langkah preventif terhadap berbagai kemungkinan terjadinya pelanggaran pemilu.

Selain itu, juga untuk membangun pemahaman yang menyeluruh bagi masyarakat terhadap proses pengawasan pemilihan Legislatif, Presiden dan Wakil Presiden 2019 mendatang.Dengan harapan pemilu bisa berjalan berkualitas dan berintegritas.

“Tujuannya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya penggunaan hak pilih dalam pelaksanaannya nanti,” ungkapnya.

Sementara itu, dari perwakilan Polres Trenggalek AKP Sumi Andana Kastareskrim Polres dan AKP Katimun Kasat Intel Polres Trenggalek yang ikut andil dengan menyampaikan pesan kamtibmas.

Mereka mengajak semua panitia pelaksanaan pemilu agar berkerja sesuai dengan SOP. Dengan harapan tidak terlibat masalah dalam pemilihan umum yang terlaksana kedepannya.

Menurutnya, sebagai panitia pelaksana pemilu agar tidak telibat dalam kampanye yang melanggar hukum. Agar juga jangan main-main di medsos dan bijak mengunakan medsos, apa lagi menjelang pelaksanaan pemilu yang akan datang.

“Jika ada masyarakat yang melakukan pelanggaran dalam pelaksanaan pemilu kami pihak kepolisian akan tegas menindak pelaku tindak pidana tersebut,” pungkasnya. (yon/ham)