TNI AL Kerahkan 6 KRI Bantu SAR Lion Air JT 610

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di perairan Karawang yang memuat 189 penumpang pada Senin pagi (29/10) langsung direspon cepat jajaran TNI Angkatan Laut untuk membantu pencarian para korban pesawat naas itu.

TNI AL memberangkatkan 6 KRI yakni KRI Sikuda-863, KRI Tengiri- 865, KAL Kobra 867, KAL Sanca-815 dibawah jajaran Koarmada I dan KRI Rigel-933 dari Pushidrosal yang memiliki kemampuan deteksi bawah air dan KRI Banda Aceh-593 dari Kolinlamil yang difungsikan sebagai kapal markas.

Selain itu, TNI AL melibatkan Personel Marinir 41 orang terdiri dari Personel Denjaka dan Batalyon Intai Ampibi dengan peralatan 4 Sea Rider, 2 Perahu Karet dan Peralatan Selam.

Personel Satuan pasukan katak, juga dilibatkan sebanyak 40 personel dengan 4 Sea Rider serta 25 Personel penyelam Dislambair (Dinas Penyelamatan Bawah Air).

Sedangkan unsur udara yang turut mendukung yaitu Pesawat CN-235 diberangkatkan untuk membantu mendeteksi awal jatuhnya pesawat Lion Air dari udara.

TNI AL bersama tim Basarnas juga mendirikan posko di JICT, Jakarta Utara, yang terdiri dari 1 set tenda, 2 kendaraan truk, dan 1 set peralatan posko. @Dispenal/Rudi