Luar Biasa, Dua Penghargaan Sekaligus Kembali Disabet Trenggalek

TRENGGALEK,, KANALINDONESIA. COM: Kembali, dua penghargaan diterima Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur di penghujung Tahun 2018 ini. Pertama adalah penghargaan Apresiasi Mitra dari Unicef kepada Bupati Trenggalek. Sementara yang kedua adalah penghargaan Natamukti pada International Council for Small Business (ICSB) Indonesia City Awards, Kamis (15/11).

Penghargaan bagi Bupati Dr. Emil Elestianto Dardak, M.sc diserahkan oleh Deputy Representatif Unicef Robert Gass atas perannya dalam mempromosikan hak anak. Bupati Muda ini dinyatakan sebagai Bupati Sahabat Anak. Pada penerimaan penghargaan yang berlangsung di Convention Hall Oak Wood Hotel Surabaya kemarin, juga berlangsung High Level Meeting and Multi Stakeholders Panel 100 % Profit : Komitmen Bersama Jawa Timur Melanjutkan Investasi pada Kesehatan Anak.

Bupati Emil Dardak menyampaikan bahwa anak adalah aset masa depan yang harus benar – benar diperhatikan gizinya sekaligus pendidikannya, orang tua dan semua stake holder berkewajiban yang sama dalam membangun aset bangsa tersebut.

“Anak yang cerdas dan sehat adalah aset bangsa yang kedepannya menentukan kemajuan suatu bangsa,”ungkapnya.
Sementara di hari yang sama penghargaan Natamukti diterima oleh Wakil Bupati Trenggalek H. Moch. Nur Arifin pada penganugerahan di Graha Widyabakti Gedung 123 Kawasan Puspitek Serpong Tangerang Selatan. Penghargaan diberikan pada puncak rangkaian Gebyar UKM Indonesia tahun 2018 di Tangerang Selatan. diserahkan oleh Menteri KUKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga didampingi Presiden ICSB Indonesia Hermawan Kertajaya.

ICSB menilai bahwa sebagai roda penggerak perekonomian utama di Indonesia, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi perhatian pemerintah dan Lembaga internasional saat ini. Ekosistem UMKM yang kondusif hanya bisa dicapai dengan kontribusi dari berbagai pihak seperti praktisi bisnis, akademisi, dan peneliti. Selain itu, peran pemerintah daerah dalam mendukung UMKM menjadi pilar pendrong utama ekonomi lokal.

“Kita dinilai berhasil menggerakkan ekonomi kerakyatan dari sektor mikro kecil dan menegah yang ada di kabupaten kita,”katanya.

ICSME sebagai host organization ICSB Indonesia, Bersama Kementerian KUKM (Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah) menginisiasikan sebuah penghargaan Piala Natamukti sebagai apresiasi kepada kota dan atau kabupaten yang berhasil mendorong keberlangsungan UMKM di daerah masing – masing. Natamukti diberikan kepada kota dan atau kabupaten yang berhasil dalam memasarkan, mendorong peningkatan kualitas serta mambangun ekosistem UMKM di daerahnya.

“Selamat buat semua pelaku UMKM yang sudah berjuang membanggakan Trenggalek, saya hanya mewakili mereka menerima penghargaan dari ICSB Indonesia ini,” pungkas Wabup Nur Arifin.(ham)