APK Caleg di Wilayah Karanggeneng Lamongan dibongkar Karena Banyak Yang Melanggar

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Karanggeneng bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kecamatan Karanggeneng mulai membersihkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang melanggar.

Aparat membongkar sejumlah alat peraga kampanye (APK) calon legislatif (caleg) di wilayah Kecamatan Karanggeneng, Kabupaten Lamongan. Pemasangan APK di ruang publik yang tidak pada tempatnya dinilai melanggar aturan.

Petugas Satpol PP dan Bawaslu Kecamatan Karanggeneng menertibkan APK di beberapa ruas jalan, Jum’at (16/11/2018). Sasaran utama ialah poster yang dipasang di pohon pinggir jalan.

APK tersebut dianggap melanggar Undang Undang Nomor 7 Tahun 2017 dan PKPU Nomor 4 Tahun 2017. “Penertiban APK dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Kecamatan Karanggeneng. Terutama di pohon dan jalan protokol,” Kata Kasi Trantib Kecamatan Karanggeneng Budiono.

Pemasangan APK di batang pohon banyak yang ditempel dengan cara dipaku sehingga dapat merusak pohon. Hal itu dinilai melanggar peraturan Kabupaten Lamongan mengenai Kebersihan, Ketertiban, dan Keindahan (K3) .

Ketua Bawaslu Kecamatan Karanggeneng, Aan Khunaifi menegaskan pemasangan poster atau APK caleg di pohon termasuk perbuatan terlarang. Dalam masa kampanye, APK boleh dipasang hanyalah yang difasilitasi oleh KPU, selain itu tidak diperkenankan.

“Kita sudah lakukan sosialisasi kepada seluruh pengurus partai di Kecamatan Karanggeneng. Hari ini kami akan bergerak untuk mencabut semua poster yang ditempel di pohon. Kita harap pohon di wilayah Kecamatan Karanggeneng bersih dari poster caleg,” kata Aan.

Jurnalis :omdik/ferry

Editor : Arso