Baznas Trenggalek Salurkan Bantuan Bedah Rumah

Mahsun Ismail,(nomor enam dari kanan) bersama rombongan Baznas Trenggalek didoakan Waginah,(60), janda warga RT 47 RW 20 Dsn Kojan Ds Jombok Kec. Pule, salah satu penerima bantuan bedah rumah

TRENGGALEK, KANALINDONESIA. COM: Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat menyalurkan bantuan bedah rumah sebanyak 15 unit rumah di wilayah Kecamatan Pule, Selasa, (20/11).

Pengalokasian unit tersebut terdiri dari 10 unit merupakan bantuan dari Baznas Kabupaten Trenggalek, sedangkan 5 unit berasal dari bantuan Baznas Provinsi Jatim dengan per unit senilai Rp 10 Juta.

Bantuan bedah rumah itu salah satunya diterima Waginah (60) warga RT 74 RW 20 Dusun Kojan, Desa Jombok, Kecamatan setempat

Mahsun Ismail, Ketua Baznas Kabupaten Trenggalek, mengatakan penyampaian bantuan itu memang rutin dilaksanakan sebagaimana tugas pokok lembaganya dalam ikut membantu warga yang membutuhkan.

“Kita punya kewajiban untuk selalu membantu warga kita agar terpenuhi kebutuhan dasar seperti tempat tinggal yang layak,” katanya.

Mahsun menyampaikan bahwa program ini tidak luput dari peran aktif Babhinkamtibmas dan tokoh agama serta tokoh masyarakat dalam memberikan informasi kepada BAZNAS tentang keberadaan warga kurang mampu di wilayah Kecamatan Pule.

“Dari informasi itu, kami melakukan survey ke lokasi yang disebut. Setelah melakukan survey kami putuskan rumah Ibu Waginah layak dibantu karena memang keadaan rumah sangat tidak sehat dan perlu direhab,”terangnya.

Menurutnya, Bu Waginah yang hidup sebatang kara ini untuk kebutuhan sehari-hari hanya mengharapkan belas kasihan tetangga.

“Seperti keberdaan Ibu Waginah ini menjadi salah satu contoh warga yang perlu dibantu,” tuturnya.

Mantan Wakil Bupati Trenggalek ini menegaskan, BAZNAS Kabupaten Trenggalek Tahun 2018 ini telah membantu masyarakat dibeberapa wilayah pelosok Trenggalek.

“Baznas sebelumnya telah juga membantu bedah rumah di wilayah yang lain,”tegasnya.

Lebih lanjut Mahsun , bantuan bedah rumah yang ada di Kecamatan Pule sebanyak 15 unit. Dimana sebanyak 5 unit merupakan bantuan dari BAZNAS Provinsi Jawa Timur serta 10 unit dari BAZNAS Kabupaten Trenggalek.

“Dari provinsi kita dapat bantuan 5 unit hingga jumlah dari kabupaten bertambah dari 10 unit, total ada 15 unit,”lanjutnya.

Besaran per unitnya menyerap anggaran sebesar Rp 10 Juta, serta ditambah bantuan solar cell sebagai alat penerangan dari Kapolres Trenggalek.

“Ada tambahan solar cell untuk penerangan dari pak Kapolres,”imbuhnya.

Setelah menyerahkan bantuan Solar Sheel Kapolres Trenggalek juga meninjau pembangunan stasiun radio pemancar Kepolisian Negara Republik Indonesia Polda Jawa Timur, Site Polres Trenggalek.

Mahsun menjelaskan, pihaknya juga mengalokasikan bantuan bulanan untuk memenuhi keperluan sembako dan bantuan iuran BPJS Kesehatan.

“Bantuan bulanan dan iuran BPJS kita tanggung. Kita harapkan sinergisitas antara pejabat setempat, baik Kades, Babhinkamtibmas, Kapolsek, Danramil maupun Camat harus terus ditingkatkan untuk kemanfaatan umat,” pungkasnya.(yon/ham)