Pasca Dinobatkan Sadar Hukum, Dewan Trenggalek Ingin Pemkab Lanjutkan Pembinaan 

Agus Cahyono Wakil Ketua DPRD Kab. Trenggalek

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Wakil Ketua DPRD Kabupaten Trenggalek, jawa Timur, Agus Cahyono, berharap Pemkab Trenggalek rutin menggelar  Pembinaan Desa/ Kelurahan Sadar Hukum  pasca diraihnya penobatan oleh Kemenkum HAM RI, Rabu, (21/11).

Menurut politisi asal PKS ini , predikat tersebut akan bisa dipertahankan sekaligus mampu  mewujudkan kesadaran hukum bagi masyarakat demi tegaknya supremasi hukum.

“Kegiatan ini juga diadakan untuk mempertahankan predikat Kelurahan Sadar Hukum yang pernah disandang wilayah ini,” kata Agus.

Agus Cahyono menjelaskan, ada beberapa pembinaan-pembinaan yang digunakan, untuk melakukan suatu penilaian terhadap kelurahan sadar hukum dan semacamnya.

“Di antaranya adalah masalah perlindungan anak, tingkat peredaran narkoba, dan pemahaman bantuan hukum bagi masyarakat,” ujarnya.

Seperti diketahui, ada 30 Desa/Kelurahan di Trenggalek, yang menyandang predikat sebagai Desa/ Kelurahan Sadar Hukum pada 2018 ini.

Selain mewujudkan kesadaran hukum, dalam kegiatan yang kita inginkan ini Pemkab Trenggalek mampu menyuguhkan masyarakat dan aparat desa/kelurahan menghayati serta taat terhadap hukum.

“Aparatnya pun baik di Kelurahan dan Desa bisa mentaati hukum sehingga pembangunan bisa berjalan dengan lancar,” terangnya.

Tak hanya itu, pada kegiatan itu seyogyanya juga diikuti oleh ibu-ibu kader PKK di lingkungan Desa/ Kelurahan  se Trenggalek, agar merekapun juga menerima pemahaman yang sekiranya mendapatkan ilmu tentang hukum yang mengkin sedang berlaku.

“Efek kepada ibu-ibu PKK tentunya luar biasa , karena benteng rumah tangga dan pembinaan keluarga ada di tangan ibu-ibu,” tandasnya.

Kegiatan pembinaan ini, masih lanjut Agus Cahyono  dilaksanakan dengan penyampaian materi oleh narasumber serta dengan sesi tanya jawab kepada para peserta.

“Pokoknya kegiatannya yang banyak menyuguhkan sesi tanya jawab,”pungkasnya. (ham)