Bupati Trenggalek : Maknai Maulid Nabi dengan Tingkatkan Aktualisasi Etos Kerja

CF:Bupati Trenggalek Emil Elistianto Dardak saat memberikan sambutan dalam penutupan kegiatan Maulid Nabi di Pendopo Trenggalek

TRENGGALEK,  KANALINDONESIA.COM: Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw, dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Trenggalek untuk meningkatkan aktualisasi etos kerja dalam ajaran Islam. Seperti yang diketahui, Nabi Muhammad SAW, merupakan teladan yang diutus untuk menyempurnakan akhlak. Salah satu akhlak yang diajarkan oleh Rasulullah SAW adalah sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain.

Aktualisasi teladan Nabi SAW dalam hal etos kerja tentu dapat diimplementasikan melalui pekerjaan sehari-hari. Hal tersebut disampaikan oleh Drs. KH. Syaifuddin Zuhri, saat mengisi tausyiah pada peringatan Maulid Nabi SAW di Pendopo Manggala Praja Nugraha.

Hadir dalam peringatan Maulid Nabi SAW tersebut yaitu Forkopimda Trenggalek atau yang mewakili, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Pimpinan OPD terkait, Sekretaris Dewan Masjid Indonesia (DMI), Ketua MUI Trenggalek, Kepala Kantor Kemenag Trenggalek, Ketua PCNU, serta undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, dirinya menyampaikan ceramah yang mengangkat tema Aktualisasi Etos Kerja dalam Islam.

“Aktualisasi etos kerja dimulai dengan adanya niat. Kenapa harus niat, karena ibadah dimulai dengan niat. Begitupun dalam bekerja, kita niatkan beribadah karena Allah, dengan adanya niat kita akan tau arah tujuan untuk apa kita bekerja, ” tutur Bupati Trenggalek, Emil Elistianto Dardak, Kamis (29/11/2018).

Emil mengatakan untuk berusaha menjadi pribadi yang memiliki kompetensi profesional religius. Aktualisasi etos kerja dibarengi dengan profesionalisme. Profesional juga harus diimbangi dengan kesabaran.

“Karena dalam pekerjaan pasti ada ujian, orang yang profesional akan mampu memetakan problematika dalam pekerjaan, maka dengan sabar kita akan mampu melalui ujian tersebut, ” imbuhnya.

Selain itu, suami Arumi Bachsin ini juga mengingatkan ajaran Nabi SAW untuk dalam hidup ini senantiasa bermanfaat bagi orang lain.

“Dalam bekerja itu harus bisa member manfaat bagi orang lain. Kalau bisa mudah kenapa harus dipersulit. Maka setiap kebijakan Pemerintah itu harus bisa member manfaat bagi kemaslahatan masyarakat, ” pungkasnya.

Peringatan Maulid Nabi SAW yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Trenggalek, merupakan agenda rutin tahunan. Pada kegiatan kali ini juga sekaligus diserahkan bantuan berupa tandon air ukuran 2000 liter dari kegiatan Roadshow Safari Tandon Air oleh PT Penguin Indonesia dan SBOTv yang bekerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI), Polda Jatim, Kodam Brawijaya serta Pemprov Jawa Timur.

Bantuan tandon air tersebut masing-masing diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Polres Trenggalek, Kodim 0806, serta Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Trenggalek. (ham)