Pusdataru Bodri Kuto Bersama Forkompincam Bersihkan Sampah di Kali Aji

Forkompincam bersihkan sampah yang nggenangi sungai Kali Aji dibersihkan.

KENDAL, KANALINDONESIA.COM: Sampah yang menutup aliran air di Kali Aji di Desa Plantaran, Kecamatan Kaliwungu Selatan dibersihkan oleh petugas dari Balai Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (Pusdataru) Bodri Kuto.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Koramil Kaliwungu, Kecamatan Kaliwungu Selatan dan Kaliwungu, serta organisasi masyarakat dan warga sekitar. Pembersihan dilakukan secara manual.

Lebih dari 100 orang membersihkan sampah secara manual. Mereka menggunakan pemungut sampah, memasukkannya ke dalam karung, dan membawanya ke truk sampah yang sudah disiapkan. Tumpukan sampah menumpuk di Kali Aji karena terbawa derasnya aliran sungai saat hujan pada Selasa (27/11).

Kepala Balai Pusdataru Bodri Kuto, Indah Sulistyowati, mengatakan, pemeliharaan Kali Aji merupakan wewenang dari Pusdataru Jateng. Pihaknya rutin membersihkan sampah tersebut.

Namun, karena keterbatasan personel, sehingga belum bisa maksimal. ‘’Kami rutin merawat kali tersebut. Namun, volume sampah yang dibuang ke sungai tidak sebanding dengan jumlah petugas kami di lapangan,’’ jelasnya, Jumat (30/11).

Dia mengatakan, butuh kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah di sungai. Sebab, berdasarkan pengalaman, pagi hari sungai dibersihkan, siangnya sudah ada warga yang membuang sampah.

‘’Kami kerap mensosialisasikan kepada warga supaya tidak membuang sampah di sungai. Saya berharap warga turut berpartisipasi dengan tidak membuang sampah di sungai,’’tandasnya.

Sementara Sekcam Kaliwungu Selatan, Krenggo Karjilah, mengatakan, pembersihan terpaksa dilakukan dengan tenaga manusia, karena eskavator tidak memungkinkan dibawa ke lokasi. Kondisi jalan di depan kali sedang dibeton dan belum bisa digunakan untuk alat berat.

‘’DPUPR Kendal sudah melihat ke lokasi dan tidak merekomendasikan untuk menggunakan alat berat  namun pembersihan harus dilakukan secara manual,’’ungkapnya.

Pembersihan sampah di Kali Aji melibatkan berbagai unsur seperti Dinas Lingkungan Hidup, DPUPR, kecamatan, koramil, dan desa dari Kecamatan Kaliwungu dan Kaliwungu Selatan. ‘’Kami upayakan bisa dilakukan pembersihan sungai secara berkala,’’ katanya.(eko)