Inilah Hasil Konferensi WZF di Malaysia

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Konferensi World Zakat Forum yang berlangsung di Kota Melaka, Malaysia berakhir Kamis malam (6/12/2018).

Sekretaris Jenderal World Zakat Forum (WZF), Prof Dr Bambang Sudibyo, MBA, CA menyampaikan hasil konferensi yang disebut  Resolusi Melaka 2018.

Resolusi ini dibacakan di hadapan 300 peserta dari 28 negara berisikan seruan untuk memperkuat kerjasama zakat global.

Prof. Bambang Sudibyo mengatakan, sebagai platform gerakan zakat global, World Zakat Forum (WZF) memiliki peran untuk meningkatkannya akuntabilitas pengelolaan zakat dan kerja sama dalam upaya meningkatkan kesejahteraan umat, termasuk memerangi kemiskinan.

“Oleh karena itu WZF menyelenggarakan Konferensi Internasional Forum Zakat Dunia dengan tema: Memperkuat Kerja Sama Zakat Global dalam Meningkatkan Kesejahteraan Umat,” kata Bambang Sudibyo didampingi oleh para Deputy Secretary General WZF.

Konferensi membahas berbagai topik kontemporer dan terkini tentang perkembangan zakat global seperti Zakat dan SDGs (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan), Kerjasama Zakat antar Negara, Memperkuat Peran Forum Zakat Dunia serta Good Amil Governance dan Peningkatan Transparansi dan Akuntabilitas Lembaga Zakat.

Konferensi tersebut juga mencatat peran zakat yang semakin meningkat dalam menyelesaikan kemiskinan global dan ketidaksetaraan. Selain itu, WZF mengusulkan pendekatan baru dengan menggunakan pilar ketiga Islam.