Kemenkominfo Ajak Pelaku UMKM Bangkalan Pasarkan Produknya Lewat On Line

BANGKALAN, KANALINDONE SIA.COM – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI melalui Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim (IKPM) menggelar Forum Sosialisasi Belanja dan Jualan Online, Murah, Cepat serta Aman di pendopo agung Bangkalan.

Direktur IKPM, Septriana Tangkary saat memberi sambutan dihadapan ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan guna memberikan ilmu baru serta mendorong pelaku UMKM di Kabupaten Bangkalan untuk mempromosikandan menjual hasil – hasil produknya lewat media online atau UMKM Go Online

“Kami mengajak kepada para pelaku UMKM di Bangkalan untuk memanfaatkan dunia digital didalam memasarkan produk-produknya di toko online. Karena lebih efisien dan jangkauan pasaranya lebih luas,”papar Septriana Tangkary, Minggu, (8/12/2018).

Sementara itu, Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron dalam sambutanya memberi alresiasi kepada Kemenkominfo RI yang sudah memilih Bangkalan sebagai salah satu daerah tujuan dilaksanakanya forum tersebut.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan keahlian. Oleh karena itu kami harapkan Diskominfo dan Disdag Bangkalan bisa memberikan arahan dan bimbingan penguasaan teknologi kepada para penggiat UMKM di Bangkalan,” pesan Ra Latif panggilan akrab Bupati Bangkalan tersebut.

Staf Ahli Menteri Kominfo RI, Prof Henri Subiakto selaku nara sumber mengatakan bahwa Indonesia sudah memasuki era Fintech, ladi peran bank sebagaii penyalur kredit atau pinjaman tidak lagi dominan.

“Saat ini kita menyimpan atau meminjam uang bukan lagi ke bank saja. Tetapi nisa juga ke Fintech. Demikian juga dengan produk UMKM, sudah bisa dipasarkan lewat online. Kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para penggiat UMKM,” paparnya.

Oleh karena itu, Staf Akhli Kemenkominfo RI ini langsung mendorong 234 pelaku UMKM yang hadir pada acara tersebut. Untuk membuat toko online dalam memasarkan produknya.

“Ada empat syarat untuk membuat toko online atau UMKN Go Online. Yakni KTP, Produk, Rekening Bank dan Smartphone.

Turut hadir pada acara tersebut, Wabup Bangkalan, Sekdakab Bangkalan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Bangkalan, Ketua Dekranasda Bangkalan Zaenab Abdul Latif dan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bangkalan, Bambang Setiawan. (yans).