SBY Buka Festival Wonderful Kota 1001 Goa, Rontek Pecahkan Rekor MURI 2018

PACITAN, KANALINDONESIA.COM: Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ) Presiden Republik Indonesia ke 6 bersama keluarga buka Festival Wonderful Kota 1001 Goa pecahkan rekor MURI rontek yang digelar di stadion argo limo Pacitan, Kegiatan bertajuk Rontek Gugah Nagari dengan peserta terbanyak 2.818 orang yang di ikuti oleh para siswa SMP,SMA dan SMK se Kabupaten Pacitan, Sabtu ( 8/12/2018 ).

Dalam acara itu, juga dihadiri Edhy Baskoro Yudhoyono ( EBY ) dari Anggota DPR RI komisi X dan Sartono Hutomo Anggota DPR RI Komisi VI, tak hanya itu saja Andi Mallarangeng mantan Menteri Pemuda dan Olah Raga pada Kabinet Indonesia Bersatu II. Para Forkopimda juga tampak hadir.

“Kami memberikan apresiasi kegiatan ini karena sambutan masyarakat sangat atusias. Pesertanya juga dari semua kalangan, dari siswa sekolah SMP,SMA dan SMK serta masyarakat umum,” ujar Sri Widiyawati Manager MURI.

Ditambahkannya, dipilihnya jenis musik rontek untuk dicatatkan dalam rekor MURI bukan tanpa alasan. Musik tabuh berbahan bambu ini, terang dia, merupakan tradisi rakyat yang perlu dilestarikan.

Selain itu, keberadaan seni tradisional tersebut diharapkan dapat mendukung promosi wisata yang sedang gencar dilakukan “Biasanya tradisi rontek dilakukan warga saat ronda atau untuk membangunkan warga saat hendak makan sahur pada Bulan Ramadan,” jelasnya.

Pesta Kesenian Rakyat yang dijadwalkan berlangsung hingga malam hari juga digelar di alun alun Pacitan dengan menampilkan kesenian tari kethek ogleng, juga menjadi ajang eksibisi tradisi dan budaya Kabupaten Pacitan,” pungkas Sri Widyawati.

Sementara Bupati Pacitan Indartato mengatakan ” rontek ini awalnya sebagai gugah sahur pada setiap bulan romadhon, lantas pemerintah daerah membuka ajang perlombaan seni rontek pada tahun 2012 lalu, kemudian ditahun 2018 ini rontek meraih MURI,” kata Bupati.

Untuk itu, masih menurut Bupati Indartato ” kedepannya rontek ini akan dipatenkan menjadi seni budaya Pacitan, seperti halnya Ponorogo mempunyai seni budaya reyog,” itu harapan Bupati.( Bc )

welas arso
WELAS RASO