Begini Sepak Terjang HRD Konjen Amerika Gadungan

KANALINDONESIA.COM, Surabaya HRD Konsulat Jenderal (Konjen) Amerika Serikat gadungan bernama Joko Susilo ditangkap Polda Jatim melalui Subdit V Cyber Crime Direktorat Kriminal Khusus (Ditrreskrimsus).

“Pelaku menggunakan modus menawarkan pekerjaan di Konjen AS melalui media sosial Facebook dengan account bernama Bimo Nugroho,” kata Kasubdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim, AKBP Harissandi, Senin (10/12/2018).

Selama beraksi, tersangka telah berhasil memperdaya enam orang sebagai  korban Penipuan. Para korban itu rata rata merasa yakin dan percaya dengan iklan promosi yang dilakukan warga Sememi  Surabaya ini.

“Tersangka sengaja memasang foto logo konsulat pada akun Facebook yang ia pakai untuk menjerat korban,” sambungnya.

Dalam iklan lowongan itu, untuk menarik minat korban, HRD Konjen Amerika Serikat abal-abal ini juga mencantumkan berbagi fasilitas yang akan didapat para korban, diantaranya gaji hingga Rp 6 juta perbulan.

“Rata-rata masing-masing korban menyetorkan uang 2 juta rupiah pada korban,” terang Harissandi.

Pada kasus ini, Joko akan disangkakan melanggar UU ITE Nomor 19 tahun 2016 tentang Manipulasi, Penciptaan, Perubahan, Penghilangan, Pengrusakan Informasi Elektronik dan atau Dokumen Elektronik dengan tujuan seolah-olah data yang otentik serta penipuan, dengan ancaman pidana penjara selama 7 tahun dan denda maksimal Rp 700 juta.ria