Masih Idealkah Jumlah Pegawai di Lamongan?

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Data terakhir jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lamongan sebanyak 9.227 orang. Jumlah tersebut dianggap tidak ideal, karena belum bisa memenuhi kebutuhan pegawai di Kabupaten Lamongan.

Karena idealnya, Kabupaten Lamongan membutuhkan 14 ribu ASN untuk efektif melayani masyarakat. Sehingga masih membutuhkan sebanyak 5 ribu ASN, terutama pada tenaga pendidikan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Lamongan, Ismunawan saat pelepasan ASN purna tugas di Pendopo Lokatantra, beberapa waktu lalu.

Kondisi tidak ideal itu diperkirakan masih akan terus terjadi. Karena setiap tahun rata-rata ada 500 ASN yang pensiun.

Seperti tahun ini, Bupati Lamongan Fadeli telah melepas sejumlah 524 PNS yang memasuki masa purna tugas sepanjang tahun 2018.

Sebanyak 524 ASN tersebut seperti diungkapkan Ismunawan terdiri dari 298 ASN tenaga pendidik, 76 ASN tenaga kesehatan dan sisianya 150 ASN tenaga teknis.

Diantara ASN yang purna tugas itu, terdapat 6 enam orang yang sebelumnya menduduki jabatan eselon II. Diantaranya adalah Chairil Anwar yang sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan dan Aries Setiadi.

Kemudian Kepala Dinas Sosial Bambang Kustiono, Kepala Dinas Kearsipan Daerah Muchtar, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Rusgianto serta Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Tony Tamtama Jati.

Fadeli dalam pesannya berharap ASN yang telah purna tugas tersebut tetap bersyukur, karena bisa pensiun dengan lancar.

Karena tidak semua yang mengajukan pensiun dapat menerima Surat Keterangan (SK) tepat waktu. Kendala ini terjadi karena pelanggaran disiplin ataupun masalah teknis karena keterlambatan proses pemberkasan.

Di sisi lain, meski telah purna tugas, Fadeli meminta mereka tetap aktif dalam mendukung program Pemkab Lamongan. Seperti dalam menyukseskan 10 aspek Desaku Pintar dan Lamongan Green and Clean (LGC).

Fadeli menutup sambutannya dengan menyampaikan penghargaan dan terima kasih setinggi-tingginya atas pengabdian dan loyalitas para ASN. Terutama selama menjalankan tugas-tugas pelayanan pada masyarakat.

Jurnalis : Omdik/Ferry

Editor     : Arso

WELAS ARSO