Dengan Inovasi, Usaha Pengasapan Ikan Warga Desa Senden Trenggalek Alami Peningkatan

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Dengan berbagai inovasi, usaha pengasapan ikan segar yang menjadi salah satu mata pencaharian warga Desa Senden, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur mengalami peningkatan.

Meski secara geografis kondisi Desa Senden bukanlah daerah penghasil ikan laut, namun banyak warga Desa Senden yang menekuni usahanya sebagai pedagang ikan laut. Berkaca dari kondisi tersebut akhirnya warga setempat juga berinovasi mengembangkan usaha perdagangan ikan laut tersebut, menjadi salah satu usaha pengasapan ikan di desanya.

Heru Dwi Susanto, tokoh pemuda desa setempat menjelaskan, posisi  desanya yang tidak jauh dari daerah perairan laut yakni Prigi Kecamatan Watulimo menginsiprasikan warga setempat secara turun temurun mengolah hasil laut untuk dipasarkan.

“Kita ini membuat ikan asin, mengasap ikan dan memasarkan dalam bentuk masih segar secara temurun dari kakek nenek menjadi mata pencaharian,” ungkapnya, Minggu, (16/12) di Trenggalek.

Sementara, untuk lebih meningkatkan omset penjualan dan kualitas pengasapan ikan laut di Desa Senden ini, pemerintah Desa setempat juga berinisiatif mendukung usaha warganya melalui pembinaan, pelatihan dan mengupayakan bantuan permodalan.

“Manfaat dana desa di sini salah satunya untuk pemberdayaan usaha pengasapan ikan laut,”tandasnya.

Lebihlanjut, Heru menerangkan, dengan adanya usaha pengasapan ikan di Desa Senden ini, beberapa manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh pelaku usaha adalah bisa meningkatkan harga jual ikan dan mempermudah warga maupun pedagang kaki lima untuk bisa mendapatkan ikan laut asap.

“Dengan modal yang difasilitasi desa, kami bisa mengembangkan usaha dengan baik dan tetap meminta agar pemerintah membuka pasar baru agar komoditas kita ini bisa lancar lakunya,”lanjutnya.

Berdasarkan data yang ada di desa senden, sedikitnya ada 125 warga yang saat ini aktif menekuni usaha pengasapan ikan, selain bisa meningkatkan perekonomian bagi pelaku usaha pengasapan, dengan adanya usaha pengasapan ikan ini juga mampu menyerap tenaga kerja dan terbukti mampu menekan angka pengangguran di Desa Senden.(ndik/ham)

WELAS ARSO