Inovasi Pemdes di Trenggalek Dibutuhkan untuk Percepat Pembangunan

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Pemerintah Kabupaten Trengalek, Jawa Timur, akan terus mendorong pemerintah desa setempat agar intesnsif mengembangkan inovasi daerahnya masing-masing untuk percepat kemajuan masyarakatnya.

Joko Wasono, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Trenggalek menerangkan, pembangunan bukan hanya melihat pada infrastuktur di desa saja,melainkan segala hal untuk memajukan daerah, seperti dengan melakukan berbagai inovasi.

“Inovasi sangatlah penting karena mengikuti perkembangan tekhonologi dan zaman,” katanya, Senin, (17/12) di Trenggalek.

Dia mengatakan, pembinaan atau asistensi pembangunan dirasa perlu terus dilakukan agar pemdes tidak salah memanfaatkan besarnya kucuran dana anggaran dari pusat untuk pembangunan desa.

“Jangan salah sasaran dalam penggunaan dana desa maka perlu adanya pembinaan,”lanjutnya.

Sebab jika tidak,tren alokasi anggaran di desa cenderung dimanfaatkan untuk Pembangunan insfrastuktur, seperti jalan,saluran air atau plengsenggan.

“Tujuan agar produk dari inovasi yang dilakukan Pemdes tersebut bisa disaksikan masyarakat luas,”imbuhnya.

Sehingga jika dikatakan berhasil DPMD akan memberi motivasi agar pemdes yang bersangkutan terus menggali inovasi yang lain.

“Dan nantinya rencana inovasi yang akan di tuangkan dalam perencanaan pembangunan di desa, akan di laksanakan tahun depan,” pungkasnya.

Dan untuk kedepanya nanti diharapkan, para tenaga teknis termasuk pendamping desa(PD) dan pendamping lokal Desa (PLD) yang ada terus akan melakukan pendampingan demi mewujudkan hal tersebut.

“Pembangunan Desa yang didampingi agar dapat berkembang dengan baik,”tegasnya.

Selain itu DPMD juga akan terus mendampingi inovasi desa tersebut dengan melakukan berbagai program.

“Pastinya Kami akan mengapresiasi inovasi Pemdes yang dinilai berhasil membawa perubahan Desa lebih baik, dengan memberikan suatu penghargaan bagi masyarakat desa,”tandasnya.

Sementara, pejabat (PJ) Sekertaris Daerah Kabupaten Trenggalek , Pario mengatakan bahwa inovasi harus dilakukan oleh seluruh Pemdes untuk mendorong produktifitas dan pertumbuhan di wilayahnya masing-masing.

“Dengan begitu diharapkan nantinya bisa meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakatdan kemandirian desa, ”tegasnya.

Untuk sementara itu dengan program Pemdes yang memberi penghargaan bagi pemdes yang berhasil melakukan inovasi di berbagai bidang, diharapkan bisa memotivasi seluruh Pemdes untuk melakukan hal tersebut.

“Jangan sampai sampai mengangap hal ini hanya sebagai inovasi, namun dengan inovasi itu harus bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,”pungkasnya.(ndik/ham)